KAJIAN PRODUKSI PADI SAWAH TERHADAP PENGGUNAAN PUPUK NPK

Ridwan Ridwan, Marten Pangli

Sari

Tanaman padi merupakan komoditi tanaman pangan yang amat penting dalam pemenuhan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi padi setelah petani melakukan pemupukan NPK. Penelitian dilaksanakan di Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir.Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi yang memamnfaatkan kuisioner. Data primer dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara terhadap responden secara langsung dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner). Data sekunder diperoleh dariliterature yang terdapat pada dinasPertanian dan Instansi yang terkait dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pupuk NPK dapat menghasilkan produksi padi sebesar 70.200 ton/MT dengan rata-rata per responden sebesar 965,6 ton/MT dengan harga penjualan Rp 7000/kg. Total pendapatan 30 petani responden setelah menggunakan pupuk NPK sebesarRp 491.401.000 dengan rata-rata pendapatan per responden Rp 6.759.200/MT. Sedangkan penggunaan pupuk organik pada tahun pertama akan terjadi penurunan produksi 20 persen dari panen sebelumnya. Metode wawancara digunakan dalam penelitian ini dan bukan pengambilan/pengumpulan data

Kata kunci: pupuk NPK, produksi padi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto,S., 2003. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Basri, H., 2010. Dasar-Dasar Agronomi. Rajawali. Jakarta

BPS, 2013 kabupaten Poso Dalam Angka

Hermawan, A.C. 2009. Kajian Dosis Pupuk Anaorganik dan Umur Bibit pada Usaha Peningkatan Hasil Padi (Oryza Sativa) dengan metode SRI. Skripsi FP UMY. Tidak dipublikasikan.

Mulyani, S. 2004. Analisis Tanah, Air dan Jaringan tanaman. Rineka Cipta. Jakarta.

Prasetiyo, 2002. Budidaya Padi Sawah TOT. Kanisius.Yogyakarta

Suwono, L. Y., Krisnadi dan marjuki 2007. Pengolahan hara spesifik lokasi (PHSL), Jakarta

Taslim,H., Partohardjono dan Djunaidah, 1989. Padi: Buku II. Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Bogor.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.