Kombinasi Pemakaian Pupuk Kandang Ayam Dan Npk Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L.)

Yulinda Tanari, Milka Giantowe Sepatondu

Sari

Produksi sayuran buncis mengalami penurunan sejak lima tahun terakhir. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi adalah dengan melakukan pemupukan. Kombinasi pupuk kandang dan NPK  dapat menyediakan hara yang cukup untuk pertumbuhan dan produksi tanaman buncis. Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan lima taraf perlakuan (M1: 100% NPK ( 80 g/petak), M2  : 75% NPK (60 g/petak) + 25% pupuk kandang Ayam (1,8 kg/petak), M3: 50% NPK (40 g/petak) + 50% pupuk kandang Ayam (3,6 kg/petak), M4            : 25% NPK (20 g/petak) + 75% pupuk kandang Ayam (5,4 kg/petak), M5           : 100% pupuk kandang Ayam (7,2 kg/petak). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kombinasi pupuk kandang ayam dan NPK yang tepat untuk pertumbuhan dan produksi tanaman buncis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pupuk kandang ayam dan NPK memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah polong pertanaman dan produksi. Perlakuan 50% NPK (40 g/petak) + 50% pupuk kandang ayam (3,6 kg/petak) (M3) memberikan pengaruh yang terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah polong pertanaman dan produksi.

Kata Kunci

buncis, kombinasi, pupuk kandang ayam, NPK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adil, H.H., N. Sunarlim, dan I. Rostika. 2006. Pengaruh Tiga Jenis Pupuk Nitrogen Terhadap Tanaman Sayuran. Biodiversitas 7 (1): 77-80

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2015. Produksi Tanaman Hortikultura. Jakarta

Gardner FP., Pearce R.B. Mitchell RL. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia Press: Jakarta.

Hakim N., Pulung MA., Nyakpa MY. 2006. Pupuk dan Pemupukan. Andalas University Press. Padang.

Leiwakabessy, F. M., U. M. Wahjudin, dan Suwarno. 2003. Kesuburan Tanah. Jurusan Tanah. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Pratiwi D. 2013. Pemanfaatan Pupuk Kandang Ayam dan Fungi Mikoriza Arbuskula untuk Memperbaiki Pertumbuhan Bibit Jeruk Siam. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Rachman IA., Djuniwati S., Idris K. 2008. Pengaruh Bahan Organik Dan Pupuk Npk Terhadap Serapan Hara Dan Produksi Jagung Di Inceptisol Ternate. Jurnal Tanah dan Lingkungan,Vol. 10 No. 1, April 2008:7-13

Sarno. 2009. Pengaruh Kombinasi NPK dan Pupuk Kandang terhadap Sifat Tanah dan Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Caisim. J. Tanah Trop., Vol. 14, No. 3, 2009: 211-219 ISSN 0852-257X

Saragi Ah. 2008. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Ayam Dan Dosis Kalium Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Peleng (Spinacia oleraceaL.A). [skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatra Utara.

Sitompul SM, Guritno B. 1995. Analis Pertumbuhan Tanaman. Yogyakarta (ID): UGM Pr.

Susila,A.D. 2006. Panduan Budidaya Tanaman Sayuran. Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB. Bogor.

Sutanto, R. 2006. Penerapan Pertanian Organik. Penerbit Kanisius-Yogyakarta.

Widowati LR., Widati S. Jaenudin, HArtatik W. 2004. Pengaruh kompos pupuk organik yang Dipekaya dengan Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat-sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik. Laporan Proyek Penelitian Program Pengembangan Agribisnis. Balai Penelitian Tanah.

Yuliana, Elfi Rahmadani dan Indah Permanasari. 2015. Aplikasi Pupuk Kandang Sapi Dan Ayam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jahe (Zingiber officinale Rosc.) Di Media Gambut. Jurnal Agroteknologi. Vol 5 UIN Suska Riau.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.