Analisis Pendapatan Usahatani Kacang Tanah (Arachis hypogeae) di Desa Salumbia Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli

Yanti Sasmita

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan dan nilai R/C rasio pada usahatani kacang tanah di Desa Salumbia Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli. Penelitian telah dilaksanakan pada Bulan April sampai dengan Bulan Mei 2016. Penentuan sampel menggunakan metode sensus yaitu mengambil semua petani yang mengusahakan kacang tanah sebanyak 20 orang petani. Sumber dan cara pengambilan data berasal dari data primer dan data sekunder,dan analisis data yang digunakan adalah Analisis Pendapatan dan R/C rasio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pendapatan kacang tanah per hektar di Desa Salumbia Kecamatan Dondo sebesar Rp. 1.661.915,00 untuk luasan 0,715 ha atau Rp. 2.324.356,65 per hektar, Nilai R/C rasio diperoleh 1,56 ini berarti bahwa setiap pengeluaran biaya sebesar Rp 1 akan memperoleh penerimaan sebesar Rp 1,56. Keadaan ini sudah cukup baik bila ditinjau dari segi keuntungan usahatani.

Kata Kunci

Pendapatan, Usahatani, Kacang Tanah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adisarwanto, T. 2000. Meningkatkan Produksi Kacang Tanah di lahan Sawah dan Lahan Irigasi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Aryani, Lita. 2009. Analisis Pengaruh Kemitraan Terhadap Pendapatan Usahatani Kacang Tanah ( Studi Kasus Kemitraan PT. Garudafood dengan Petani Kacang Tanah di Desa Palangan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo Jawa Timur).Skripsi.Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, 2015. Sulawesi Tengah Dalam Angka, 2015.BPS.Provinsi Sulawesi Tengah.

Mosher, AT. 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. CV.Yasaguna. Jakarta .

Muklis .Imam. I. A. Wicaksono dan Uswatun Hasanah.,2012. Analisis Usahatani Kacang Tanah (Arachis Hypogaea, L.) di Desa Pasar Anom Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Surya Agritama Vol 1 No 2 September 2012.

Rumagit,G.A.J.,O, Parajouw dan R. Mirah.,2011. Pendapatan Usahatani Kacang tanah di Desa Kanonang II Kecamatan Kawangkoan. Jurnal ASE Vol 7 No 2, Mei 2011: 22 – 28.

Sinabariba, F.M., F.E.Prasmatiwi dan S. Situmorang., 2014. Analisis Efisiensi Produksi dan Pendapatan Usahatani Kacang tanah di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. JIIA, Vol 2, No. 4, Oktober 2014.

Suleman, E.2013. Analisis Titik Pulang Pokok (TPP) Usahatani Kacang Tanah di Desa Modo Kecamatan Bukal Kabupaten Buol. Skripsi. STIP Ypp Mujahidin. Tolitoli.

Soekartawi,1995.Analisis Usahatani. UI-Press.Jakarta.

Sudarsono, 1995. Pengantar Ekonomi Mikro. Lembaga Penelitian,Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial , Jakarta.

Sugiono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.