Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso)

Gusstiawan Raimanu

Sari

Pandemi Covid-19 memaksa Perguruan Tinggi untuk mengubah proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso terhadap pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Data dikumpulkan secara survei melalui Google Forms. Sebanyak 100 mahasiswa telah berperan menjadi responden penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 responden mahasiswa Program Studi Manajemen sebagian besar belum memiliki kesiapan infrastruktur yang memadai untuk perkuliahan daring. Dari sisi literasi digital, responden memiliki tingkat literasi digital menengah. Untuk kualitas interaksi pembelajaran daring, responden lebih menyukai pembelajaran gabungan antara self-paced learning dan video conferencing. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa responden masih dalam tahap menyesuaikan penggunaan LMS dalam pembelajaran daring karena masih mempersepsikan kendala lebih tinggi dibandingkan dengan manfaat pembelajaran daring.

Kata Kunci

Persepsi, Literasi Digital, Pembelajaran Daring, Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Engko, C., & Usmany, P. (2020). JAK Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses. 6(1), 23–38.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva, 4(2), 231–240.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Nugroho, S. (2015). PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710

Waskitoningtyas, R. S., Balikpapan, U., Balikpapan, U., & Nasional, U. S. P. (2020). Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan Selama Masa Covid-19. 12.

Yohana, Muzakir, & Hardianti, D. (2020). Jurnal Tirai Edukasi Volume 1 , Nomor 4 , 2020 ISSN 2654-721X Abstrak : Penelitian ini menjelaskan efektivitas pembelajaran daring pada program studi pendidikan ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin , tujuan dar. 1.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner. Becoming a Self Regulated Learner, an Overview, 41(2), 64–70.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.