PERANAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA BO’E KECAMATAN PAMONA SELATAN KABUPATEN POSO

Herlan Lagantondo

Sari

Penguatan peran masyarakat desa merupakan suatu yang harus ditempuh dalam kerangka membagun pembaharuan bagi desa itu sendiri. Salah satu factor utama dalam memperkuat gerak pembaharuan desa sesungguhnya terletak kepada tingkat partisipasi masyarakat setempat. Membangun partisipatif efektif masyarakat sudah tentu akan lebih memperkuat kapasitas yang dimiliki suatu desa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekannkan pada makna dari pada generalisasi. Disebut sebagai metode kualitatif karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Lokasi atau tempat penelitian yaitu di Desa Bo’e Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Populasi yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa Bo’e dan seluruh masyarakat Desa Bo’e Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel atau informan dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang terdiri dari : dua (2) orang tokoh Agama, tiga (1) orang dari tokoh adat, satu (1) orang dari tokoh pemuda, dan satu (1) orang tokoh pendidikan. Perangkat desa, yang terdiri dari : Kepala Desa Bo’e, Sekretaris Desa Bo’e, empat (4) kepala urusan, dan Ketua LPM. Jadi jumlah keseluruhan informan adalah 12 orang.
Untuk mendapatkan data yang menunjang, maka dalam penelitian ini digunakan beberapa cara, antara lain : Wawancara (interview), Menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) yang diberikan kepada sampel responden untuk di jawab, Studi kepustakaan, Pengambilan data sekunder di lokasi penelitian. Secara garis besar, teknik analisis data dalam penelitian ini dijelaskan sebagai berikut : Mereduksi data, Penyajian data, Penyimpulan data.
Berdasarkan pengamatan dan informasi yang didapat dari masyarakat setempat, sifat-sifat yang mempengaruhi peran masyarakat dalam pembangunan adalah Sifat yang selalu menghargai orang lain dan Sifat yang selalu bersikap sederhana.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.