Efektifitas Pelaksanaan Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Pelayanan pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Poso

Abd. Khalid HS Pandipa

Sari

Pelaksanaan fungsi manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso mulai dari perencanaan Dinas Pertanian Dan Perkebunan sebelum melakukan suatu kegiatan atau program diawali dengan perencanaan, sehingga fungsi perencanaan berjalan dengan efektif, penggerakan Salah satu penggerakan yang dilakukan oleh Kepala Dinas adalah dengan memberikan penghargaan kepada staf yang sukses melakukan tugasnya, penghargaan tersebut berupa insentif ataupun pujian, dan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso dilakukan secara berkala setiap bulan dan setiap pada staf melakukan pekerjaannya hal ini dimaksudkan untuk mencapai pelayanan yang efektif pada sektor pemerintahan Dinas Pertanian dan Perkebunan. pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan untuk pengorganisasian tugas dalam pelaksanaan rencana kegiatan antara atasan dan bawahan yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat belum efektif. Dengan kata lain pengorganisasian untuk dapat terlaksanan rencana kegiatan, perlu dilakukan pengorganisasian berupa tugas atau wewenang dan tanggung jawab. Dari hasil penelitian ditemukan pula faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso adalah Kemampuan Sumber Daya Manusia dan kurangnya Sarana dan Prasarana, seperti Meja, Kursi dan Komputer serta terbatasnya biaya operasional. Berdasarkan hasil Pembahasan, maka penulis memberikan saran sebagai berikut : Pelaksanaan fungsi manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso dalam proses perencanaan harus diperhatikan tentang kelambatan penyelesaian urusan, pembagian tugas wewenang dan tanggung jawab harus di perhatikan dan diperbaiki untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso mulai dari penggereakan dan pengawasan sudah dilaksanakan dengan baik namun Pengorganisasian masih belum diperbaiki. Dalam rangka pemberian pelayanan pada masyarakat harus diperhatikan Kemampuan dan Keahlian Sumber Daya Manusia dalam hal ini Aparat teknis atau Penyuluh pertanian dalam pemberian Pelayanan kepada masyarakat. Ditambah sarana dan prasarana harus seperti meja, kursi dan komputer diadakan baru dan biaya operasional harus ditambah guna meningkatkan pelayanan yang optimal pada masyarakat.

Kata Kunci

Efektivitas, Fungsi Manajemen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management. PT. Jakarta: Gramedia

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto,S.2000,Manajemen Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta

Dean, S. 1985, Kepemimpinan Dalam Organisasi dan Manajemen. Bandung: Sinar Baru

Dharma, A.1985. Manajemen Prestasi Kerja.Jakarta: Rajawali.

Djaenuri.2006, Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta. Institut Ilmu Pemerintahan.

Gibson,1996.Perilaku Organisasi Jakarta: Erlangga.

Gie, T. L. 1991. Cara Kerja Efesiensi. Yogyakarta: Karya Rencana.

Hadi, S. 1983, Research Methodology. Yogyakarta: Sinar Baru.

Nugroho,A.1996 Tata Tertib Manajemen. Surabaya: Penerbit Indah

Sianipar,J.P.G.2005. Manajemen Pelayanan Masyarakat. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. Metode Penelitian administrasi. Alfabeta Bandung. 2004

Sinambela Lijian Poltak, dkk 2007. Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara Jakarta 2007

Thoha, M. 1992. Perilaku Organisasi. Jakarta: CV Rajawali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.