Implementasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam Mngembangkan Usaha Kecil pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Mapane

Abd. Khalid HS Pandipa

Sari

Implementasi Kredit Usaha Rakyat adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok-kelompok pemerintah/swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang berupa pembiayaan modal kerja dan atau investasi usaha kepada usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi di bidang usaha produktif dan layak namun belum bankable. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kredit usaha rakyat dalam mengembangkan usaha kecil pada Bank Rakyat Indonesia Unit Mapane.
Pengembangan usaha kecil merupakan suatu upaya atau strategi pemberdayaan usaha kecil melalui beberapa aspek yang diantaranya meliputi aspek managerial dan aspek permodalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kredit usaha rakyat dalam mengembangkan usaha kecil. Motode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisa kualitatif, dapat diartikan sebagai penelitian yang memusatkan perhatian terhadap masalah-masalah atau fenomena- fenomena yang ada pada saat penelitian dilakukan atau masalah-masalah aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diteliti dan diiringi dengan interpretasi. Adapun informan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kredit usaha rakyat oleh Bank Rakyat Indonesia Unit Mapane sudah berjalan dengan baik dan mampu mengembangkan usaha kecil. Hal ini dapat dilihat dari data yang menunjukkan adanya kebijakan-kebijakan yang mendukung implementasi KUR, kapasitas, fasilitas yang diberikan guna mendukung pelaksanaan KUR, kemudahan prosedur atau proses administrasi,memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, serta adanya komunikasi yang baik antara pihak bank dengan masyarakat.

Kata Kunci

Implementasi Kredit Usaha Rakyat, Pengembangan Usaha kecil

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Firdaus, H. Rachmat dan Maya Aryanti. 2003. Manajemen Perkreditan Bank Umum.Bandung: Alfabeta

Simorangkir, O. P. 2004. Lembaga Keuangan Bank&Non Bank. Bogor: Ghalia Indonesia

Singarimbun, Masri.1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Sugiyono. 2004. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Supramono, Gatot. 1995. Beberapa Segi Mengenai Perkreditan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Tambunan, Tulus T.H. 2009. UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia

Tangkilisan, Hesel Nogi. 2003. Kebijakan Publik Yang Membumi. Yogyakarta: YPAPI

Tangkilisan, Hesel Nogi. 2002. Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Lukman Offset & YPAPI

Triandaru, Sigit dan Totok Budisantoso. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain (Edisi Kedua).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.