Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara (Studi Pelayanan E-Kartu Tanda Penduduk)

Rilfayanti Thomassawa

Sari

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP) Di Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dilapangan berdasarkan observasi dan wawancara akan dianalisis menurut model interaktif yaitu direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa : Indikator Bukti Langsung menjadi salah satu indikator yang bermasalah karena tidak adanya ketersediaan formulir atau blanko pendaftaran e-KTP. Untuk Indikator Keandalan tidak ditemukan adanya masalah karena petugas selalu dengan cepat memberikan pelayanan. Indikator Daya Tanggap dalam menyelesaikan keluhan dari pemohon pembuatan e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) belum berjalan dengan baik karena terkadang keluhan itu bukan karena kesalahan petugas akan tetapi karena sistem yang berlaku.Untuk indikator Jaminan petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pemohon pembuatan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) memang tidak membeda-bedakan pemohon yang satu dengan pemohon yang lainnya. Dalam memberikan pelayanan petugas pelayanan sudah bersikap adil tanpa membeda-bedakan pemohon. Indikator Empaty menunjukan bahwa antara petugas pelayanan dan pemohon pembuatan e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) berkomunikasi dengan baik antara satu dengan yang lainnya, sehingga segala bentuk kesalahan dapat diselesaikan dengan baik. Fasilitas pelayanan dan jaringan internet merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan e-KTP di Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara.

Kata Kunci

Kualitas Pelayanan Publik, e-KTP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Sugiarto, Endar. 1999. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto Dan Atik Septi. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogjakarta : Pustaka Pelajar Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan Ketujuh. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Kusmiadi, 1995. Manajemen Pelayanan masyarakat, Jakarta : Gramedia. Jasfar, 2005. Manajemen Jasa, jakarta : . Gramedia Pustaka Utama Nasution, MN. 2005. Manajemen Pelayanan, Yogyakarta : Andi Offset Zulian, Yamit. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia. Lukman, Sampara, 2002. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA LAN Press. Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi (Ilmu Administrasi Negara, Pembangunan dan Niaga). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono,Fandy . 2001 . Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi offset

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.