Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah pada BRI Unit Mapane

Abd. Khalid HS Pandipa

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada BRI Unit Mapane dan mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada BRI Unit MapaneJenis Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif sedangkan tipe penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dan ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive. Pada penelitian ini menggunakan teori dari Idup Suhady (2000 : 25 yaitu Cepat Tepat Murah Ramah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dalam pertanyaan mengenai Ketepatan pada proses penyelesaian urusan yang diberikan pegawai Kantor BRI Unit Mapane berdasarkan tanggapan responden yang menyatakan kurang Tepatnya dan mengenai Cepatnya proses penyelesaian urusan yang diberikan pegawai BRI Unit Mapane kepada masyarakat menyatakan kurang Cepat, mengenai murahnya biaya pelayanan yang diberikan pegawai BRI Unit Mapane menyatakan Murah dan mengenai mengenai keramahan dan kesopanan pegawai BRI Unit Mapane dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menyatakan Ramah. Faktor – faktor yang menjadi penghambat dalam kualitas pelayanan publik pada Kantor BRI Unit Mapane yaitu Pegawai BRI Unit Mapane yang kurang informasi dan fasilitas sarana dan prasarana yang kurang seperti gedung perkantoran.

Kata Kunci

Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek Rineka Cipta, Jakarta.2000.

Atep Adya Barata, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, PT. Alex Media Kamputindo Kelompok Gramedia, Jakarta, 2004

Ashari Edy Topo, Membangun Kepemerintahan yang Baik, LAN-RI, Jakarta, 2001

Boediono, Pelayanan Prima, Yayasan Kawula Indonesia, Jakarta, 1999

Cahayani Aty, Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Gramedia, Jakarta, 2003

Dahlan, Alwi, Menjelang Pembangunan Berkelanjutan, Ghalia Indonesia, Jakarta 1993

Dwiyanto, Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik, UGM FISIP, Yogyakarta, 1995

Danim, Sudarwan, Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Rineka Cipta, Jakarta, 2004

Esman, Milton, Unsur-Unsur dari Pembangunan Lembaga dan Pembangunan Nasional, Terjemahan Pandam Guritno, Universitas Indonesia, Jakarta, 1972

Edy Topo, Manajemen Pelayanan, Gramedia, Jakarta, 2001

Hasibuan, Organisasi dan Motivasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2005

Handoko, T. Hani, Manajemen Edisi 2, BPFE, Yogyakarta, 2000

Ichan Achmad, Tata Administrasi Karyawan, Djamatan, Jakarta, 1981

J.P.G. Sianipar, Manajemen Pelayanan Masyarakat, LAN-RI, Jakarta, 2000

Lukman Sampara, Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA LAN-RI, Jakarta, 1999

---------------------, Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima, LAN-RI, Jakarta, 2001

Mardalis, Metode Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta, 1995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.