Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) pada Kantor Kecamatan Una Una Kabupaten Poso

Abd. Khalid HS Pandipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui persepsi masyarakat tentang budaya kerja pegawai pada unit Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kantor Kecamatan Una Una, Kabupaten Tojo Una una. Dengan metode penelitian Mix Method yang mana merupakan penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif untuk digunakan secara bersama – sama dalam suatu kegiatan penelitian. Data yang didapatkan dari penelitian ini merupakan data primer yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pemasukan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Prosedur pelayanan publik, Persyaratan Pelayanan, dan kedisiplinan petugas pelayanan dikantor camat una una sudah cukup baik akan tetapi kendala yang dihadapi oleh pengguna layanan bahwasanya setiap dokumen yang diterbitkan agak lama baru dikeluarkan dikarenakan setiap dokumen yang diterbitkan harus mendapatkan pengesahan di kabupaten, sarana dan prasarana juga belum terlalu memadai sehingga tidak terlalu memberikan kenyamanan terhadap masyarakat pengguna layanan. Saran agar selalu dilakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali untuk memberikan penanaman kesadaran kepada petugas bahwa melayani masyarakat dengan ikhlas sesuai dengan hati nurani adalah modal pokok dalam mendapatkan keberhasilan yang hakiki.

Keywords

Kualitas Pelayanan, Kepuasan masyarakat

Full Text:

PDF

References

Barata, Atep. 2004. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eta Mamang Sangadji, Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kirom, Bahrul. 2014. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Soegiono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sutopo dan Suryanto Adi.2006. Pelayanan Prima.Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Supriyadi Gering dan Guno Tri.2006. Budaya Kerja Organisasi Pemerintah.Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Suharsimi Arikunto.2010.Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Suradji.2006. Manajemen Kepegawaian Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Soeharyo Salamoen dan Effendy Nasri.2006. Sistem Penyelenggaraan Pemerintah Negara kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Lestasri Endang dan MA Maliki. 2006. Komunikasi Efektif. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Fernanda Desi. 2006. Organisasi Pemerintah. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Pranoto Juni dan Wahyu Suprapti. 2006. Konsep Dasar Membangun Tim Efektif. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.