FUNGSI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT PAMONA SELATAN KABUPATEN POSO

Rilfayanti Rilfayanti

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi pengawasan dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Kantor Camat Pamona Selatan Kabupaten Poso serta faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer yang di kumpulkan adalah data yang di peroleh dari hasil wawancara dan hasil jawaban quisioner. Sedangkan untuk data sekunder metode pengumpulan datanya dilakukan selain melalui studi pustaka, juga melalui penelusuran dokumen-dokumen resmi yang ada kaitannya dengan permasalahan penelitian.Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan indikator yang sudah di tetapkan, yakni fungsi pengawasan yang dilihat dari: (1) Standar Pengukuran Kinerja Pegawai; (2) Penilaian Atau Evaluasi Terhadap Kinerja Pegawai; dan (3) Tindakan Perbaikan Bila Terjadi Penyimpangan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi pengawasan melalui standar pengukuran kinerja pegawai, belum dilaksanakan dengan baik. Demikian pula dengan fungsi pengawasan melalui penilaian atau evaluasi terhadap kinerja pegawai dan tindakan perbaikan bila terjadi penyimpangan, juga belum di laksanakan dengan baik. Adapun faktor yang mempengaruhi sehingga fungsi pengawasan belum berjalan/ dilaksanakan dengan baik adalah; faktor Kepemimpinan.

Secara umum, fungsi pengawasan dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Kantor Camat Pamona Selatan Kabupaten Poso, belum di laksanakan sebagaimana yang di harapkan. Di sarankan; guna tujuan peningkatan kinerja pegawai pada Kantor Camat Pamona Selatan, hendaknya Kantor Camat Pamona Selatan dapat melaksanakan fungsi pengawasan yang masing-masing dapat di lakukan melalui; (1) standar pengukuran kinerja, (2) penilaian (evaluasi) terhadap kinerja pegawai, dan  (3) tindakan perbaikan bila terjadi penyimpangan secara lebih optimal lagi agar apa yang menjadi tujuan dari pada Kantor Camat Pamona Selatan secara menyeluruh ( khususnya tujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai ) dapat tercapai. Pada tataran inilah, peranan kepemimpinan unsur pimpinan Kantor camat Pamona Selatan, di nilai sebagai faktor yang paling menentukan di dalam menentukan sukses tidaknya pelaksanaan fungsi pengawasan. Olehnya, guna peningkatan kinerja pegawai yang ada pada lingkungan kerja kantor Camat Pamona Selatan, kewibawaan dan kecakapan unsur pimpinan di dalam menjalankan fungsi pengawasan sangat di perlukan.

 

Kata Kunci : Fungsi, Pengawasan, Kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Hasibuan, Malayu S.P, 2008, Organisasi & Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas, Bumi Aksara, Jakarta.

Hidayat dan Sucherly, 1986, Peningkatan Produktivitas Organisasi Pemerintahan Dan Pegawai Negeri-Kasus Indonesia, Dalam Prisma Nomor 12 LP3ES, Jakarta.

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Manulang, 2002. Dasar-Dasar manajemen, Cetakan ke enambelas, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Moekijat, 1999. Manajemen Kepegawaian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Musenaf, 2002. Managemen Kepegawaian di Indonesia, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Prajudi Atmosudirdjo, 1999. Dasar-Dasar Ilmu Administrasi dan Managemen, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Siagian, Sondang P, 2002, Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, Gunung Agung, Jakarta.

-----------, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Steers, Richard M, 1985, Efektivitas Organisasi (Kaidah Perilaku), diterjemahkan oleh Magdalena Jamin, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Administrasi , Alfabeta, Bandung

Suyadi Prawirosentono, M.B.A. ( 1999 ), Kebijakan Kinerja Karyawan, BPFE

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.