Analisis Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Tentena Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso

Silvany A Taariwuan

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tentena. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tentena. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey terhadap 40 pasien rawat inap di Puskesmas Tentena. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis gap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang mempunyai gap paling besar adalah atribut kecepatan pelayanan apotek, kelengkapan obat-obatan di apotek, kelengkapan fasilitas peralatan modern, dan ketersediaan pusat pengaduan terhadap keluhan pasien, Sedangkan atribut yang memiliki gap paling kecil adalah atribut kerapian dan kebersihan penampilan seluruh karyawan, keramahan dan kesopanan dokter dan perawat, kemudahan memperoleh informasi pelayanan, dan ketersediaan petunjuk arah untuk tiap ruangan.

Kata Kunci

kualitas pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Basu Swasta dan T. Hani Handoko, William J. Stanton. 2004. Management Pemasaran Modern. PT. Grasindo Persada. Jakarta.

Boyd, et. al. 2000. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Strategis dengan. Orientasi Global. Erlangga. Jakarta.

Handoko, T H. 2004. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. BPFE,. Yogyakarta

Irawan, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

.Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Menaikkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN – JP. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Setiadi, Nugroho, 2003. “Perilaku Konsumen”. Penerbit PT. Kencana Prenanda Media,. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Swastha,Basu dan Irawan.2001. Manajemen Pemasaran Modern.Edisi Kedua Cetakan Kesembilan.Liberty.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, (2004). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi, Yogyakarta.

Umar Husein, 2001. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.