Pengaruh Kepercayaan dan Kepribadian terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Merek Hanasui

Dea Aliviana Arfa, Lefrand Mango

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan
dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Merek
Hanasui. Adapun populasi yang digunakan adalah konsumen Kosmetik
Merek Hanasui. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini dilakukan
dengan metode non probability sampling dengan sampel sebanyak 80
responden. Pengumpulan data menggunakan alat Statistical Program for
Social Social (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan analisis data
statistik. Indikator penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.
Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas moltikoloenieritas tidak
terjadi heteroskedastisitas dan berdistribusi normal. Hasil persamaan
regresi yaitu Y = 9,174 + 0,386X1 + 0,320X2 +e. Hasil Rsquare sebesar 0,464
atau 46,4%. Uji hipotesis menunjukan bahwa dalam Uji F variabel
Kepercayaan dan Kepribadian secara simultan berpengaruh signifikan
dengan nilai Fhitung 33,361 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Uji hipotesis selanjutnya menunjukan hasil nilai thitung variabel
Kepercayaan berpengaruh signifikan dengan nilai 0,001 < 0,05 sedangkan
variabel Kepribadian menunjukan hasil signifikan dengan nilai 0,068 > 0,05.
Koefisien Determinasi R2 Hal ini menunjukan bahwa konstribusi variabel
kepercayaan dan kepribadian terhadap keputusan pembelian sebesar
46,4%. Sedangkan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang diteliti.

Keywords

Kepercayaan, Kepribadian, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References

Adhi, I., M. NP, and P. Shanti. 2016. “PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP

KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur

Park 2).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 30(1): 35–43.

Ardianto, Khowin, Fania Putri Nuriska, and Lia Nirawati. 2020. “Pengaruh Kepercayaan

Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee

Di Kota Surabaya.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 2(2): 62.

Astuti, Rini, Isna Ardila, and Rodhitur Rahman Lubis. 2019. “Pengaruh Promosi Dan

Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The

Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse

Brand Shoes.” Akmami 2(2): 204–19.

Agusti, Ferdinand. 2006. "Metode Penelitian Manajemen.” Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Cici, C., and Mardikaningsih. R. 2022. "Pengaruh Kepribadian Merek, Pengalaman Merek,

dan Citra Merek The Body Shop Terhadap Loyalitas Merek." Journal of Trends

Economics and Accounting Research, 2(4), 93-99.

Dewi, N.S., & Sudiksa I.B. 2019."Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word Of

Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” (Doctoral dissertation, Udayana

University).

Fiernaningsih. 2019. “Dimensi Kepribadian Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja

Karyawan.” Jurnal Ilmu Manajemen 7(4): 1187–94.

Ferdinand. 2014. "Metode Pendekatan Kuantitatif." Jurnal CV. Media Sains Indonesia,

Bandung : www.penerbit.medsan.co.id

Febryanty, Irna, and Suryowaty Budi. 2021. “Faktor Psikologis Dan Kepercayaan Dalam

Keputusan Pembelian Produk Kosmetik.” 10(2): 22–30.

Handryanto, Ferdy, and Rita Eka Setianingsih. 2016. “Aplikasi Streaming Musik Spotify Di

Jakarta.”

Hartati. 2022. “Hanasui Ramaikan

Industri Kecantikan.”

investor.

https://investor.id/lifestyle/304387/hanasui-ramaikan-industri-kecantikan

(December 15, 2022).

Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen

Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.”

Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5(1): 19–28.

Juliandi, A., dan Irfan. 2013. "Metodologi Penelitian Kuantitatif". Medan: Ciptapustaka

Media Perintis.

Kresna. 2019. “Dimensi Kepribadian Merek (Sripsi Dan Tesis).” konsultasiskripsi.

https://konsultasiskripsi.com/2019/09/16/dimensi-kepribadian-merek-skripsidan-tesis/

(December

,

.

Lestari, Niken Ayu, and Sri Setyo Iriani. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan

Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs

Mataharimall.Com.” Jurnal Ilmu Manajemen 6(1): 1–8.

Matoneng dan Mango. 2020. ”Display Product, Store Layout dan Interior Display Dalam

Mempengaruhi Purchase Pada MR.DIY POSO." https://scholar.goggle.com

Mochammad Syaifudin, Musriha, Bramastyo Kusumo Negoro. 2017. “Analisis Pengaruh

Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian Dan Kepribadian Terhadap

Kinerja Tenaga Penjualan Azarine Kosmetik Spa Di Toko Mahkota Indah Sidoarjo.”

Jurnal Manajemen Branchmark 3(3): 309–21. http://fe.ubhara.ac.id/.

Nabhani. 2022. “Kantongi Ijin Produksi Dan BPOM - Hanasui Ramaikan Bisnis Kecantikan

Skincare Hingga Make Up.” https://www.neraca.co.id/article/167939/kantongiijin-produksi-dan-bpom-hanasui-ramaikan-bisnis-kecantikan-skincare-hinggamake-up

(December

,

.

Nafis, R. W., Priantono, S., & Safitri, A. (2021, September. “Pengaruh Gaya Hidup, Kelas

Sosial Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian”. In Progress Conference

(Vol. 4, No. 1, pp. 131-137).

Nasution, Asrizal Efendy, Linzzy Pratami Putri, and Muhammad Taufik Lesmana. 2019.

“Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan.”

Proseding

Seminar Nasional Kewirausahaan

(1): 194–99.

http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325.

Oscar, Megantara. 2020. "Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Produk

Muslim

Army."

https://ejurnal.

poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/717/523.

Syafitri. 2019. "Pengaruh Brand Image Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian

Produk

Brundbrun

paris

plaza

medan

fair."

https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/10778/1/158320121%20%20Ria%20Syafitri%20-%20Fulltext.pdf

Sumaryono, Erni Widajanti, and Nani Irma Susanti. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas

Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik

Wardah.” Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan 9(1): 93–110. https://ejournal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent/article/view/1256.

Tanjung, H, I S Tanjung, and S Safitri. 2022. “Pengaruh Kepribadian Dan Konsep Diri

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lazada.” Manajemen Ekonomi … 3(2):

–96.

Yudha, Sudiksa. 2018. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kepercayaan, Dan

Harga

Terhadap

Keputusan

Pembelian."

https://media.neliti.com/media/publications/397972-none-a80425d3.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.