Pengaruh Kepercayaan dan Kepribadian terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Merek Hanasui
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan
dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Merek
Hanasui. Adapun populasi yang digunakan adalah konsumen Kosmetik
Merek Hanasui. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini dilakukan
dengan metode non probability sampling dengan sampel sebanyak 80
responden. Pengumpulan data menggunakan alat Statistical Program for
Social Social (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan analisis data
statistik. Indikator penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.
Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas moltikoloenieritas tidak
terjadi heteroskedastisitas dan berdistribusi normal. Hasil persamaan
regresi yaitu Y = 9,174 + 0,386X1 + 0,320X2 +e. Hasil Rsquare sebesar 0,464
atau 46,4%. Uji hipotesis menunjukan bahwa dalam Uji F variabel
Kepercayaan dan Kepribadian secara simultan berpengaruh signifikan
dengan nilai Fhitung 33,361 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Uji hipotesis selanjutnya menunjukan hasil nilai thitung variabel
Kepercayaan berpengaruh signifikan dengan nilai 0,001 < 0,05 sedangkan
variabel Kepribadian menunjukan hasil signifikan dengan nilai 0,068 > 0,05.
Koefisien Determinasi R2 Hal ini menunjukan bahwa konstribusi variabel
kepercayaan dan kepribadian terhadap keputusan pembelian sebesar
46,4%. Sedangkan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhi, I., M. NP, and P. Shanti. 2016. “PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP
KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei Pada Pengunjung Batu Secret Zoo Jawa Timur
Park 2).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 30(1): 35–43.
Ardianto, Khowin, Fania Putri Nuriska, and Lia Nirawati. 2020. “Pengaruh Kepercayaan
Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee
Di Kota Surabaya.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 2(2): 62.
Astuti, Rini, Isna Ardila, and Rodhitur Rahman Lubis. 2019. “Pengaruh Promosi Dan
Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The
Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse
Brand Shoes.” Akmami 2(2): 204–19.
Agusti, Ferdinand. 2006. "Metode Penelitian Manajemen.” Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Cici, C., and Mardikaningsih. R. 2022. "Pengaruh Kepribadian Merek, Pengalaman Merek,
dan Citra Merek The Body Shop Terhadap Loyalitas Merek." Journal of Trends
Economics and Accounting Research, 2(4), 93-99.
Dewi, N.S., & Sudiksa I.B. 2019."Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word Of
Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” (Doctoral dissertation, Udayana
University).
Fiernaningsih. 2019. “Dimensi Kepribadian Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja
Karyawan.” Jurnal Ilmu Manajemen 7(4): 1187–94.
Ferdinand. 2014. "Metode Pendekatan Kuantitatif." Jurnal CV. Media Sains Indonesia,
Bandung : www.penerbit.medsan.co.id
Febryanty, Irna, and Suryowaty Budi. 2021. “Faktor Psikologis Dan Kepercayaan Dalam
Keputusan Pembelian Produk Kosmetik.” 10(2): 22–30.
Handryanto, Ferdy, and Rita Eka Setianingsih. 2016. “Aplikasi Streaming Musik Spotify Di
Jakarta.”
Hartati. 2022. “Hanasui Ramaikan
Industri Kecantikan.”
investor.
https://investor.id/lifestyle/304387/hanasui-ramaikan-industri-kecantikan
(December 15, 2022).
Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen
Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.”
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5(1): 19–28.
Juliandi, A., dan Irfan. 2013. "Metodologi Penelitian Kuantitatif". Medan: Ciptapustaka
Media Perintis.
Kresna. 2019. “Dimensi Kepribadian Merek (Sripsi Dan Tesis).” konsultasiskripsi.
https://konsultasiskripsi.com/2019/09/16/dimensi-kepribadian-merek-skripsidan-tesis/
(December
,
.
Lestari, Niken Ayu, and Sri Setyo Iriani. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan
Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs
Mataharimall.Com.” Jurnal Ilmu Manajemen 6(1): 1–8.
Matoneng dan Mango. 2020. ”Display Product, Store Layout dan Interior Display Dalam
Mempengaruhi Purchase Pada MR.DIY POSO." https://scholar.goggle.com
Mochammad Syaifudin, Musriha, Bramastyo Kusumo Negoro. 2017. “Analisis Pengaruh
Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian Dan Kepribadian Terhadap
Kinerja Tenaga Penjualan Azarine Kosmetik Spa Di Toko Mahkota Indah Sidoarjo.”
Jurnal Manajemen Branchmark 3(3): 309–21. http://fe.ubhara.ac.id/.
Nabhani. 2022. “Kantongi Ijin Produksi Dan BPOM - Hanasui Ramaikan Bisnis Kecantikan
Skincare Hingga Make Up.” https://www.neraca.co.id/article/167939/kantongiijin-produksi-dan-bpom-hanasui-ramaikan-bisnis-kecantikan-skincare-hinggamake-up
(December
,
.
Nafis, R. W., Priantono, S., & Safitri, A. (2021, September. “Pengaruh Gaya Hidup, Kelas
Sosial Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian”. In Progress Conference
(Vol. 4, No. 1, pp. 131-137).
Nasution, Asrizal Efendy, Linzzy Pratami Putri, and Muhammad Taufik Lesmana. 2019.
“Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan.”
Proseding
Seminar Nasional Kewirausahaan
(1): 194–99.
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325.
Oscar, Megantara. 2020. "Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Produk
Muslim
Army."
https://ejurnal.
poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/717/523.
Syafitri. 2019. "Pengaruh Brand Image Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian
Produk
Brundbrun
paris
plaza
medan
fair."
https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/10778/1/158320121%20%20Ria%20Syafitri%20-%20Fulltext.pdf
Sumaryono, Erni Widajanti, and Nani Irma Susanti. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas
Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik
Wardah.” Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan 9(1): 93–110. https://ejournal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent/article/view/1256.
Tanjung, H, I S Tanjung, and S Safitri. 2022. “Pengaruh Kepribadian Dan Konsep Diri
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lazada.” Manajemen Ekonomi … 3(2):
–96.
Yudha, Sudiksa. 2018. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kepercayaan, Dan
Harga
Terhadap
Keputusan
Pembelian."
https://media.neliti.com/media/publications/397972-none-a80425d3.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.