MEK ANISME PERKIRAAN PENCAIRAN DANA DAN TINGKAT REALISASI ANGGARAN PADA KPPN POSO

Palata Luru

Sari

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mekanisme perkiraan penarikan dana pada satuan kerja dan KPPN Poso serta mengetahui tingkat realisasi anggaran APBN pada KPPN Poso.
Penelitian dilaksanakan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Poso. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung pada pengelola keuangan satuan kerja dan KPPN Poso sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai dokumen dan data dari aplikasi komputer yang terdapat pada database KPPN Poso yang tersimpan dalam media penyimpanan digital. Metode yang digunakan dalam menjawab permasalahan yang dikemukakan di atas adalah pendekatan deskriptif/kualitatif yaitu menguraikan mekanisme pembuatan perkiraan penarikan dan pencairan dana dan realisasi anggaran pada KPPN Poso.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme perkiraan pencairan dana pada KPPN Poso tidak berjalan dengan baik dilihat dari perencanaan dan realisasi anggaran yang berada pada tingkat akurasi yang rendah dan perkiraan penarikan dana tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkat realisasi anggaran pada KPPN Poso.

Kata Kunci : Mekanisme, Pencairan Dana, Realisasi Anggaran

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.