Respons Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso

Herlan Lagantondo

Sari

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Respons Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei sebagai dasar dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi dengan melibatkan informan yang berkompeten dan bisa dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan serta penelusuran data atau dokumen – dokumen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menjelaskan atau menggambarkan data yang diteliti atau di dapatkan dari lapangan, baik data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, maupun dari data sekunder yang diperoleh melalui penelusuran pustaka dan dokumen dari berbagai sumber resmi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa Respons masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso dilihat dari kriteria kualitas pelayanan publik adalah Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (kepekaan/daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati). Namun dari hasil wawancara dari sebagian besar informan penelitian mengatakan bahwa dari kelima kriteria tersebut belum maksimal dijalankan dalam pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso sehingga mendapat respons kurang baik dari masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi faktor utama yang mempengaruhi respons masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso, yaitu SDM Pegawai yang masih rendah dan Sarana dan Prasarana Kantor yang belum memadai.

Kata Kunci

Respons Masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik, Kantor Camat, Pamona Tenggara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arivia, Gadis 2005, Etika kepedulian : memahami cara berada berbadan Pustaka utama. Jakarta.

Alabrow, Martin, (Alih bahasa: Karim M Rusli) Birokrasi, PT Tiara Wacana, Yogya, 1989.

Agus, dkk. Reformasi birokrasi kepemimpinan dan pelayanan public, 2009 Gaya media Yogyakarta.

Amin, Tatang M. Pokok-pokok Teori Sistem, Jakarta, Rajawali Press, 1992.

Amirin Tantag (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Edisi Revisi IV, Rineka Cipta.

Bartens K 1996. Etika. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Faisal Sanapiah, 1992. Format-format Penelitian Sosial, Dasar-dasar dan Aplikasi, CV. Rajawali, Jakarta.

Fermana Surya, 2009. Kebijakan Publik, Sebuah Tinjauan Filosofis, AR-RUZZ Media, Yogyakarta.

Goetsch dan Davis 1997. Introduction to total quality, second Edition dialih bahasakan oleh Drs Benyamin Molan Prentice Hall,Inc.

Imawan Riswandaha. Membedah politik orde baru. Pustaka pelajar Yogyakarta 1998.

Irawan Soeharto, 1995. Metode Penelitian Sosial, Penerbit Remaja Rosdakarya.

Inu Kencana. Perbandingan pemerintahan, Refika Aditama 2008.

Inu Kencana. Sistem Politik Indonesia, Refika Aditama 2007.

John M Echols, dan Hasan Shadily, 2004. Kamus Inggris Indonesia, PT Gramedia, Jakarta.

Lubis Solly, 2007. Kebijakan Publik, Penerbit CV. Mandar Maju, Bandung.

Mar’at, 1994. Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya, Ghalia, Bandung.

Muhadjir Noeng 2000. Kebijakan dan perencanaan social Rake SArasi Yogyakarta.

Mennu Luodan dan Bitta 2003, respon masyarakat modern Bina aksara Jakarta.

Nawawi, 1990. Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Presman Steven,2002. Lima puluh pemikir ekonomi dunia Tri Budi Santoso (terj Murai kencana)

Pangestu, Mari dan Ira Setiati (eds). Mencari Paradigma Baru Pembangunan Indonesia. Jakarta: CSIS. 1997.Bandung

Shapiro Lsn, 2003 Asas Moral dalam politik Yayasan Obor Fredom Istitute Bandung.

Swasono Sri Edi 2005. Daulat rakyat versus daulat pasar Yogyakarta-UGM.

Sarjono Soekanto 2000. Aspek-aspek Sosiologi industry Bina cipta Bandung.

Teguh Kurniawan. Kerangka kebijakan bidang Administrasi Umum Yapika 2007.

Tim Penyusun Kamus, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Talizinduhu Ndaraha, 2007. Kybernologi Pemerintahan Rineka Cipta, Jakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.