Gaya Kepemimpinan Camat dalam Upaya Mencapai Tujuan Organisasi Kantor Kecamatan Lore barat Kabupaten Poso

Herlan Lagantondo

Sari

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Gaya Kepemimpinan Camat Dalam Upaya Mencapai Tujuan Organisasi Kantor Kecamatan Lore Barat Kabupaten Poso, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei sebagai dasar dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi dengan melibatkan informan yang berkompeten dan bisa dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan serta penelusuran data atau dokumen – dokumen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menjelaskan atau menggambarkan data yang diteliti atau di dapatkan dari lapangan, baik data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, maupun dari data sekunder yang diperoleh melalui penelusuran pustaka dan dokumen dari berbagai sumber resmi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan Camat Dalam Upaya Mencapai Tujuan Organisasi Kantor Kecamatan Lore Barat Kabupaten Poso adalah gaya konsultatif, partisipasi, demokratis dan motivator. Tetapi, belum dapat dijalankan secara maksimal oleh Camat sehingga tujuan organisasi tidak dapat tercapai secara maksimal. Adapun faktor yang mempengaruhi Faktor yang mempengaruhi adalah faktor keluarga, SDM dan fasiltas penunjang yang belum memadai.

Kata Kunci

Gaya Kepemimpinan, Tujuan Organisasi, Kantor Kecamatan Lore Barat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anorangga panji, 2003, Kepemimpinan mengefektifkan Organisasi, Yogyakarta, Gadjah Mada Univercity Press.

Arikunto, 2002, Metode Penelitian Sosial, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Asep Ishak, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Trisakti.

Dwiyanto, Agus, 2002, Penilaian Kinerja Organisasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fisipol UGM, Yogyakarta.

Gibson, James L., John M. Ivancevich dan James H. Donnely Jr. 1996. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. (Terjemahan) Edisi Delapan. Jakarta, Binarupa Aksara.

Handoko, T. Hani, 2002, Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, PT. Inti Daya Press, Jakarta.

Kartono Kartini, 2004, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Noor Munawar, 1990, LSM dalam Pedesaan, Yogyakarta.

Nurkacana, 1946 Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya.

Oteng, Sutisna, 1993, Administrasi Pendidikan, Angkasa, Bandung.

Pudjiwati sajogyo, 1996, Kepemimpinan, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi, 2005, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Soekanto Soerjono, 2004, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Soekarno K ( 2002 ), Dasar-Dasar Manajemen, Penerbit Alfabeta, Jakarta

Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Undang-Undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang no 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.