Kualitas Pelayanan Perpustakaan pada Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas pelayanan perpustakaan pada Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa pelayanan perpustakaan di Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Tojo Una-Una belum berkualitas. Hal ini terlihat dari pelayanan yang diberikan kurang tepat waktu, sarana dan prasarana yang tidak tersedia, kurangnya tanggung jawab dari petugas, lokasi perpustakaan yang kurang terjangkau oleh pengunjung, kedisiplinan petugas yang masih kurang serta ruang perpustakaan yang kurang nyaman. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan pada Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Tojo Una-Una adalah koleksi bahan pustaka yang kurang dan sarana penunjang seperti jaringan internet, alat telusur perpustakaan seperti katalog online belum tersedia. Selain itu, meja baca, kursi dan pendingin ruangan yang masih kurang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Moenir, H.A.S, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia , Jakarta, Bumi Aksara.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih, 2008. Manajemen Pelayanan., Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. . Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung
Thoha, Miftha, 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen, jakarta : Rineka Cipta
Zauhar, Soesilo., 2001., Reformasi Administrasi : Konsep, Dimensi dan Strategi, Jakarta : Bumi Aksara
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.