Analisis Kinerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso

Galib Lahada

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pegawai Pada Kantor Lurah Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota dan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota. Lokasi penelitian adalah di Kantor Lurah Kayamanya Induk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang di kumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan, kemudian data tersebut di analisis secara kualitatif deskriptif untuk menggambarkan permasalahan penelitian dengan menggunakan presentase. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Pada Kantor Lurah Kayamanya Induk berada pada kondisi yang baik dari beberapa aspek yang digunakan dari 5 (lima) indikator adalah Produktivitas Kerja 35 orang atau 53,03%, Kualitas Layanan 28 orang atau 42,42%, dan Responsivitas 35 orang atau 53,03%. Adapun yang menyatakan kurang baik adalah Responsibilitas 25 orang atau 37,88% dan Akuntabilitas 30 orang atau 45,45%. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Kayamanaya Induk adalah Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso belum berperan secara optimal. Sehingga tidak dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dalam organisasi dan belum dapat mendorong peningkatan kinerja organisasi.

Kata Kunci

Analisis, Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ariani, Dorothea Wahyu, 2003 Manajemen Kualitas. Ghalia Indonesia, Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta

Danim Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok Rineka Cipta Jakarta

Dwiyanto Agus 2005. Penilaian Kinerja STIA LAN Press Jakarta

Gerson, Richard F,2002,Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM, Jakarta

Irawan Prasetya, 2006. Analisis Kinerja STIA LAN Press Jakarta.

Moleong, Lexy J, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta,

Nawawi, Hadari 2006 Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi Gajah Mada University Press

Obsorn, David dan Ted Gaebler, 1999, Mewirausahakan Birokrasi. CV.Teruna Grafica, Jakarta,

Rangkuti, Freddy. 2002. Teknik Mengukur dan strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

Rasyid, M. Ryaas, 2000 Makna Pemerintahan. PT. Mutiara Sumber Widya, Jakarta,

Ratminto dan Atik Septi Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sianipar, J.P.G.2000 Manajemen Pelayanan Masyarakat. Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Sinambela Lijian Poltak dkk. 2007 Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara Jakarta

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian administrasi. Alfabeta, Bandung.

Siagian, Sondang P, 2002, Teori dan Praktek Kepemimpinan, PT.Rineka Cipta, JaSkarta.

Thoha Miftah, 2007 Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Uno Hamzah B. 2007 Teori Motivasi dan Pengukuran. Bumi Aksara Jakarta,

Wibowo, 2007 Manajemen Kinerja Raja Grafindo Persada Jakarta

Jurnal Administrasi Daerah 2004

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.