Peningkatan Sumber Daya Aparatur Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat
Abstract
Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Peningkatan Sumber Daya Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Moengko Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah pendekatan Kualitatif. Melalui penggunaan metode ini peneliti dapat menggambarkan serta mengkaji objek penelitian dengan lebih spesifik dan mendetail tanpa membut perbandingan dan dapat digunakan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan teori Moenir sebagai landasan dalam penelitian ini yaitu; 1).Layanan Lisan adalah memberikan penjelasan atau keterangan kepada siapapun yang memerlukan. 2).Layanan Tulisan adalah layanan berupa petunjuk, informasi dan yang sejenis petunjuk pada orang-orang yang barkepentingan, agar memudahkan mereka dalam berurusan dengan instansi atau lembaga. 3).Layanan Perbuatan merupakan faktor keahlian dan keterampilan petugas sangat menentukan hasil perbuatan atau pekerjaan. Dalam Peningkatan Sumber Daya Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Moengko Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso, berdasarkan hasil penelitian di lapangan ada faktor yang mempengaruhi yaitu ; Keteladanan Pemimpin, Tingkat Pendidikan, dan Penempatan Pegawai.
Abstract: This study was conducted with the aim of determining the Improvement of Civil Servants' Resources on the Quality of Public Service at the Moengko Village Office, Poso District, Poso City, Poso Regency. The research method in this writing is a Qualitative approach. Through the use of this method, researchers can describe and examine the object of research more specifically and in detail without making comparisons and can be used to find solutions to existing problems. This study uses Moenir's theory as the basis for this study, namely; 1). Oral Service is providing explanations or information to anyone who needs it. 2). Written Service is a service in the form of instructions, information and similar instructions to interested people, to make it easier for them to deal with agencies or institutions. 3). Service Action is a factor of expertise and skills of officers that greatly determine the results of actions or work. In Improving Civil Servants' Resources on the Quality of Public Service at the Moengko Village Office, Poso District, Poso City, Poso Regency, based on the results of research in the field, there are factors that influence, namely; Exemplary Leaders, Education Level, and Employee Placement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budijaya, M Ikrar, (2020) Sumber Daya Manusia Pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. SOSPOL: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 25, No. 2, 108-119
Dwiyanto, Agus (ed) (2005) Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gajah Mada Universitiy Press
Purwanto, Erwan Agus (2008), Kelurahan Sebagai Bentuk Partisipasi. Gramedia, Yogyakarta.
Handayaningrat, (2002), Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.
H.A.S.Moenir. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.
Pedoman Umum Reformasi Birokrasi, (2008) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Jakarta
Rasyid, (1998), Desentralisasi dalam Manajemen Pembangunan Daerah dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia. Pustaka LP3 ES, Jakarta.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005.Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuslim, Djumadi Sugandi Pembinaan Sumber Daya Aparatur Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Studi Implementasi Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2004)
https://ocs.unmul.ac.id/index.php/JAR/article/download/486/439
Waworuntu, 1997, Manajemen Sumberdaya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.