Korelasi antara Komitmen Pegawai dan Komunikasi Interpersonal dengan Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Camat di Kabupaten Tojo Una-Una
Abstract
Abstrak : Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hubungan antara komitmen pegawai dengan kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan di Kabupaten Tojo Una-Una, dan mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una. Serta mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hubungan antara komitmen pegawai dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan pada kantor Kecamatan di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dimana ternyata hubungan antara komitmen pegawai dengan kualitas pelayanan publik pada Kantor Kecamatan di Kabupaten Tojo Una-Una merupakan hubungan yang positif dan signifikan, namun perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan agar kinerja kelembagaan semakin tinggi lagi. Dan ternyata keberhasilan komunikasi interpersonal akan menentukan keberhasilan pelayanan melalui kualitas pelayanan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, disarankan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Serta hubungan antara komitmen pegawai dan komunikasi interpersonal dengan kualitas pelayanan. Hasil analisis ini memberikan informasi bahwa hal tersebut tidak hanya terjadi secara individual tetapi secara simultan. Oleh karena itu, disarankan agar untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perlu dilakukan peningkatan komitmen karyawan dan komunikasi interpersonal.
Abstract : This article is to describe, analyze and interpret the correlation between employee commitment and service quality at the Sub-district office in Tojo Una-Una Regency, and to describe, analyze and interpret the correlation between interpersonal communication and service quality at the Sub-district office in the Tojo Una-Una Regency area. As well as to describe, analyze and interpret the correlation between employee commitment and interpersonal communication together with the quality of service at the Sub-district office in the Tojo Una-Una Regency area. The method that will be used in this study is a quantitative research method with a correlational approach. Where it turns out that the correlation between employee commitment and the quality of public services at the Sub-district Office in Tojo Una-Una Regency is a positive and significant relationship, but it needs to be maintained and even improved so that institutional performance is even higher. And it turns out that the success of interpersonal communication will determine the success of service through service quality. Therefore, to improve the quality of service, it is recommended to improve interpersonal communication. As well as the correlation between employee commitment and interpersonal communication with service quality. The results of this analysis provide information that it does not only occur individually but simultaneously. Therefore, it is suggested that to improve the quality of service, it is necessary to increase employee commitment and interpersonal communication
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, JW (2016) Research Desaign, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantutatif dan Canpuran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Dwiyanto, Agus (2015) Reformasi Birokrasi Kontemporer, UGM Press, Yogyakarta
Edward, A. V., Adnan, M. F., & Khaidir, A. (2024). New Public Manajemen: Studi Kasus Penerapan New Public Manajemen dalam Organisasi Publik di Indonesia. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(2), 54–62. https://doi.org/10.61579/future.v2i2.97
Eliza, Yulina (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pekbis Jurnal, Vol.7, No.1, Maret 2015: 65-73. Prodi Pendidikan Ekonomi UNRI. Pekanbaru
Etzioni, Eva (2011) Demokrasi dan Birokrasi Sebuah Dolema Politik, Total Media, Yogyakarta
Fedayyen, MY, dkk (2022) Manajemen Strategik, Nuta Media, Yogyakarta
Hardiyansyah (2015) Komunikasi Pelayanan Publik, Konsep dan Aplikasi, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.
Intihanah (2022) Kinerja Pemerintah Daerah, Perspektif Political Governance, New Publik Management dan Manajemen Strategi, Penerbit K-Media, Yogyakarta
Mulyadi, Deddy (2016) Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Alfabeta , Bandung.
Nirmala, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Bengkuang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 603–614. https://doi.org/10.37676/professional.v9i2.3071
Pasolong, Harbani (2016) Metode Penelitian Administrasi Publik, Cet. 2, Alfabeta, Bandung
Sugiono (2020) Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung
Suharno, S., Elmas, M. S. H., & Priantono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah
Ecobuss, 8(2), 60–67. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.611
Taufiqurokhman dan Satispi, Evi (2018) Teori dan Perkembangan Manajemen Publik, UMJ Press, Jakarta
Thoha, Miftah (2014) Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, cet. 5, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
___________ (2014) Birokrasi Politik dan Pemilu di Indonesia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.