PERILAKU MEKANIKA BALOK BAMBU TERSUSUN ISIAN MORTAR DENGAN PENGHUBUNG GESER BAMBU

Ebelhart O Pandoyu

Sari

Meningkatnya pertumbuhan industri perumahan, mengakibatkan peningkatan pengunaan kayu sebagai bahan bangunan. Peningkatan kebutuhan akan kayu turut memicu penggundulan hutan yang semakin membahayakan kelestarian alam. Oleh sebab itu perlu adanya alternatif material lain sebagai pengganti kayu, salah satunya adalah bambu. Bambu mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kayu yaitu memiliki kuat tarik yang hampir menyamai baja dan dapat diproduksi pada umur 3-5 tahun. Bambu sebagai elemen balok mempuyai lendutan yang besar, karena memiliki nilai elastisitas E yang rendah. Untuk menambah kekakuan maka balok bambu dibuat menjadi balok tersusun, konsekuaensinya dibutuhkan alat sambung untuk menahan geser.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku mekanika balok bambu tersusun isian mortar dengan penghubung geser bambu. Dalam penelitian ini digunakan tujuh model balok bambu, yaitu balok bambu tunggal (BT), dua model balok bambu susun dua yaitu dengan enam penghubung geser (BBSD6) dan delapan penghubung gerser (BBSD8), dua model balok bambu susun tiga yaitu dengan enam penghubung geser (BBST6) dan delapan penghubung geser (BBST8), dua model balok bambu susun empat yaitu dengan enam penghubung geser (BBSE6) dan delapan penghubung geser (BBSE8). Masing-masing model dibuat 3 benda uji. Pengujian model dilakukan degan sistim pembebanan empat titik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan beban dari BT ke BBSD6 sebesar 131%, BT ke BBST6 sebesar 189% dan BT ke BBSE6 sebesar 280% . Untuk BT ke BBSD8 sebesar 152%, BT ke BBST8 sebesar 196% dan BT ke BBSE8 sebesar 294%. Pada kondisi elastis, momen inersia balok susun eksperimen mengalami penurunan terhadap teoritis. Rerata penurunan rasio untuk balok susun dengan 6 PG dari balok susun dua sampai balok susun empat berturut-turut sebesar 0,497, 0,305 dan 0,177. Sedangkan untuk balok susun dengan 8 PG rerata penurunan rasio dari balok susun dua sampai balok susun empat berturut-turut sebesar 0,554, 0,401 dan 0,213.


Kata kunci: balok bambu susun, penghubung geser, kapasitas lentur.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.