Penyerahan

Penyerahan Online

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Mosintuwu : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?

Ke Login Start New Submission

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

Ke registrasi
 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULISAN JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

I. UMUM

  1. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan tidak pernah diterbitkan di jurnal mana pun yang memiliki ISSN atau ISBN.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan kajian ilmiah yang dihasilkan dari studi kasus atau studi literatur. Semua kasus yang diterima harus memiliki perhatian pada kasus-kasus yang sulit, unik, dan jarang terjadi dengan penyelesaian masalah yang tidak biasa yang penting untuk dipublikasikan.
  3. Naskah harus ditulis dalam bentuk artikel, bukan laporan dan disajikan mengikuti prinsip-prinsip tata bahasa Indonesia yang baik.
  4. Penulis harus mendaftar sebagai penulis di tautan ini, sebelum mereka dapat masuk ke Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, untuk mengirim dan mengunggah naskah.
  5. Naskah akan diterbitkan di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat setelah ditinjau oleh peer reviewer.
  6. Staf editorial memiliki hak untuk mengedit naskah tanpa membuat perubahan apa pun pada isinya.
  7. Penulis naskah bertanggung jawab atas isi naskah yang diterbitkan.
  8. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat akan memberi tahu penulis jika ada manuskrip yang tidak diterbitkan.
  9. Naskah dan ilustrasi yang diserahkan secara hukum adalah milik penerbit dan tidak boleh dipublikasikan di media lain tanpa izin resmi dari penerbit.
  10. Dukungan para penulis jurnal diharapkan dengan menggunakan referensi dari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah diterbitkan.
  11. Semua bentuk komunikasi harus berbasis elektronik.
  12. Templat penulisan dapat diunduh melalui tautan berikut.
  13. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sintuwu Maroso Jl. P. Timor No. 1 Poso Telp. (0452) 21257, Fax (0452) 324242 website: lppm.unsimar.ac.id, email: lppm@unsimar.ac.id jpm_mosintuwu@unsimar.ac.id
SISTEMATIKA PENULISAN MANUSKRIP
1. Judul
  • Judul, nama penulis, institusi dan email yang sesuai.
  • Judul tidak boleh lebih dari 20 kata, menggambarkan seluruh isi tulisan, huruf yang diketik dalam huruf Times New Roman jenis huruf tebal 14 (judul abstrak bahasa Inggris juga harus tidak lebih dari 20 kata).
2. Abstrak
  • Abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Abstrak dibuat dalam satu paragraf tanpa subtitle yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan  dan kata kunci (3-5 frasa). Ditulis dalam huruf Times New Roman jenis huruf miring 10 dengan maksimal 200 kata.
3. Isi
  • Sub judul terdiri dari: Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, tinjauan literatur, perumusan masalah dan tujuan yang ditulis dalam satu bab tanpa subtitle), Metode, Pembahasan, Kesimpulan dan Referensi.
  • Manuskrip harus disajikan dalam format teks 2 kolom (lihat petunjuk penulisan).
  • Manuskrip diketik dalam font Times New Roman 10 dari ukuran kertas A4 spasi tunggal (210 x 297 mm) dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 20 mm, dan margin atas 25 mm.
  • Manuskrip terdiri dari  4000 – 6000 kata.
  • Gambar harus dalam format JPEG dan memiliki resolusi minimal 300 dpi (titik per inci), tabel harus dimasukkan dalam isi teks dan bukan sebagai lampiran
  • Gambar dan tabel harus diberi nomor dengan angka Arab, dan judul tabel serta informasi singkat tentang tabel yang ditulis dalam huruf Times New Roman ukuran 10 tebal dengan spasi tunggal.

Contoh gambar:

Gambar 1. Contoh gambar atau ilustrasi (Hovmand, 1995).

Contoh tabel:
Tabel 1. Daftar jurnal-jurnal bereputasi di Universitas Negeri Medan (Pratomo, 2006).

4. Referensi

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Format penulisan APA 6th. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.

Bekker, J. G., Craig, I. K., & Pistorius, P. C. (1999). Modeling and Simulation of Arc Furnace Process. ISIJ International, 39(1), 23–32.

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (pp. 25–30). Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University.

Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network – Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia.

Primack, H.S. (1983). Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solutions. US Patent No. 4,373,104

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.