Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring Bagi Dosen Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sintuwu Maroso

Karmila Akib, Gusstiawan Raimanu

Abstract


Perkembangan revolusi indrustri 4.0, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kondisi pandemi Covid-19 menuntut perguruan tinggi mampu beradaptasi dan bertransformasi demi mewujudkan amanat tri darma perguruan tinggi. Kondisi yang membatasi perkuliahan tatap muka (konvensional) memaksa dosen dan mahasiswa beralih ke pembelajaran daring dengan mengadaptasi penggunaan teknologi sebagai media utamanya. Pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik perlu ditingkatkan, fakta menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum memanfaatkan platform pembelajaran daring yang komprehensif, cenderung bervariasi menggunakan berbagai model, maupun metode sesuai pemahaman setiap dosen. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran daring menggunakan LMS e-learning Google Classroom. Aplikasi pembelajaran yang menggabungkan berbagai aplikasi Google lainnya diantaranya Google Drive, Google Dokumen, Spreadsheet, Slide dan Gmail. Terjadi peningkatan dan keseragaman pemahaman tentang konsep, mekanisme, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran secara daring. Penggunaan Google Classroom sebagai aplikasi yang mempermudah proses pembelajaran secara eletronik.

Keywords


Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, Cetakan 14.

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan e-learning quipper school oleh guru dan siswa untuk optimalisasi pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(2), 153-160. doi: 10.22146/jpkm.27404.

Eliana, E. D. S., Senam, S., Wilujeng, I., & Jumadi, J. (2016). The effectiveness of project-based e-learning to improve ict literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 51-55.

Pamungkas, D., Aini, N., Novianti, N., & ... (2020). Efektifitas Google Classroom Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Era Revolusi Industri 4.0. … The Journal Education …, 44–53. https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/537

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo

Sari, S. D. P. (2016). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and communication technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In N. Suryani (Ed.), Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Paper presented at Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 28 November 2015 (pp. 115-123). Surakarta: UNS.

Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual class berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121-129. doi: 10.24042/tadris.v2i2.2177.

SIARAN PERSNomor: 137/sipres/A6/VI/2020 Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.348

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License