Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Bagi Guru SMP Negeri 3 Lage di Masa Pandemi Covid-19

Sumarno Hulinggi, Nining Kasim Muhdin, Rini Ntowe Oya

Sari

Salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksasnakan selama masa darurat Covid-19 adalah pembelajaran secara online. Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Tujuan kegiatan ini untuk melatih Guru maupun siswa SMP Negeri 3 Lage memanfaatkan media pembelajaran online antara lain, e-learning, aplikasi zoom, google classroom, youtube, maupun media sosial whatsapp. Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti dikelas. Dengan menggunakan media online tersebut, maka secara tidak langsung kemampuan menggunakan serta mengakses teknologi semakin dikuasai oleh siswa maupun guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan pemanfaatan media pembelajaran online bagi guru SMP Negeri 3 Lage di masa pandemi covid-19 yakni menyajikan materi dalam bentuk ceramah, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek. Hasil pengabdian ini diperoleh bahwa para peserta yang mengikuti pelatihan merasa senang dan puas dengan kegiatan pengabdian ini, hal ini terlihat dari ungkapan kepuasan serta keantusiasan peserta mendengarkan dan bertanya berbagai hal tentang materi yang telah diberikan oleh para pengabdi serta Kegiatan pengabdian ini dianggap oleh peserta sebagai sarana pengenalan dan pembelajaran mengenai model pembelajaran online dan bagaimana memanfaatkan media pembelajaran online antara lain, e-learning, aplikasi zoom, google classroom, youtube, maupun media sosial whatsapp. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa pemahaman guru-guru yang ada di SMP Negeri 3 Lage mengalami peningkatan setelah mengetahui dan mempelajari media pembelajaran online serta keterampilan guru-guru yang ada di SMP Negeri 3 Lage ikut mengalami peningkatan setelah pemberian praktek secara langsung, berbagai macam media online ikut dipraktekkan oleh guru dan siswa antara lain, e-learning, aplikasi zoom, dan google classroom.

Kata Kunci

Media Pembelajaran Online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Agus, Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah. Vol. 2 Nomor 1.

https://www.researchgate.net/publication/340661871_Studi_Eksploratif_Dampak_Pandemi_COVID-19_Terhadap_Proses_Pembelajaran_Online_di_Sekolah. Diakses tanggal 18 Mei 2020.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011).Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education.Procedia - Social and Behavioral Sciences.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Kumar, V., & Nanda, P. (2018).Social Media in Higher Education.International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nuryana, A. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kabar Periangan. https://kabar-priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/

Rina Puspitasari. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan. https://iain surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/. Dikases tanggal 18 Mei 2020.

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education.Internet and Higher Education.https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.