Penggunaan Game-Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama Alkhairaat Toliba Kecamatan Tojo Barat
Abstract
Seseorang akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain, jika ia memiliki kemampuan berbahasa dengan baik. Hal ini menunjukkan pentingnya menguasai bahasa terlebih lagi bahasa inggis. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa inggris siswa Sekolah Menengah Pertama Alkhairaat Toliba, Kecamatan Tojo Barat dan memotivasi siswa menyukai pelajaran bahasa inggris. Peserta workshop dalam kegiatan ini adalah siswa kelas delapan dan berjumlah 20 siswa. Metode pelaksanaan melaluii game-based learning dan dipililh sebagai metode yang tepat untuk membantu siswa menghafal kosakata dan meningkatkan motivasi dalam belajar khususnya mata pelajaran bahasa inggris. Games tersebut terdiri atas susun kata atau menyusun kata baru, teka teki silang, ABC (bermain kata), kelompok kata, dan kata berantai. Terjadi peningkatan kosa kata bahasa inggris siswa kelas delapan saat workshop. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya kosa-kata yang dituliskan siswa pada setiap permainan, siswa mampu menyelesaian permainan tepat waktu, dan antusias mengikuti pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, M.R., Ismail, H.Z., & Abdullah, M.K.K. (2012). Improving Vocabulary Learning in Foreign Language Learning Through Reciprocal Teaching Strategy. International journal of learning & development. Vol. 2, No. 6.
Alizadeh, I. (2016). Vocabulary Teaching Techniques: A Review of common practices. International journal of research in English education. Vol. 1, No.1
Alqahtani, M. (2015). The Importance of Vocabulary in Language Learning and How to be Taught. International journal of teaching and education. Volume III, No. 3
Anggra. (2010). Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash.Yogyakarta: Gava Media.
Bakhsh, S.A. (2016). Using Games as a tool in Teaching Vocabulary to Young Learners. English language teaching. Volume 9, Number 7
Erkaya, O.R & Drower, I.S. (2012). Perception of an EL learner on Vocabulary Development. International journal of Special Education. Vo. 27, No 1.
Fauziati, E. (2010). Teaching English as a foreign language (TEFL). Surakarta: Era Pustaka Utama.
Hanifa, F.N. (2013). The Used of Vocabulary Journal in Enriching Students’ Vocabulary Mastery and the Students’ Attitude Toward It’s Use. The Journal of English and Education 2013, 1(1), 81-88
Harsono, M. (2014). Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Surya University.
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.509
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.