Penerapan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Berbantuan Media Visual Pada Materi IPA

Selvina Doranggi, Atika Anastasya Mite, Zulfa Niqma

Abstract


Pembelajaran IPA berorientasi pada kemampuan aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam, siswa dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. kerucut pengalaman belajar, berkeyakinan bahwa gagasan yang abstrak dapat lebih mudah dipahami dan diserap, jika diberikan dalam bentuk kongkrit. Salah satu caranya adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat yaitu dengan penerapan model pembelajaran kreatif produktif berbantuan media visual. Sasaran pelaksanaan pengabdian ini adalah Siswa Kelas V SDN Tambaro berjumlah 15 orang. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan (Pembinaan dan Pendampingan) yang dilakukan secara bertahap. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu Melalui Model Pembelajaran kreatif-produktif berbantuan media Visual menantang para siswa kelas V SD Negeri Tambaro dapat menghasilkan sesuatu / produk yang kreatif sebagai re-kreasi atau pencerminan pemahaman siswa terhadap materi yang dikaji serta membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas.

Keywords


kreatif-produktif; media Visual; Pembelajaran IPA; Siswa Kelas V SDN Tambaro;

Full Text:

PDF

References


Agus Purwanto, dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah. Vol. 2 Nomor 1.

https://www.researchgate.net/publication/340661871_Studi_Eksploratif_Dampak_Pandemi_COVID19_Terhadap_Proses_Pembelajaran_Online_di_Sekolah. Diakses tanggal 18 Mei 2020.

Agus Nana Nuryana. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kabar Priangan. https://kabar-priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/. Diakses tanggal 18 Mei 2020.

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas 2006 Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Ismail, M, Laliyo, dan La Alio. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga. Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Entropi, 8,(1); 520-529.

Rina Puspitasari. 2020. Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan. https://iain surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/. Dikasestanggal 18 Mei 2020.

Shamdas, G. 2012. Pembelajaran Inovatif. Penerbit: Lembaga Pengkajian Pembaharuan Hukum 7 Kebijakan Publik (LP2HKP), Cetakan I.

Soekamto.T.dan Winatapura.1995. Teori Belajar dan Model-model pembelajaran. Jakarta : Ditjen Dikti, Depniknas.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2012. Proses Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Diundangkan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 2003.

Wulan,E.R.(2015).EvaluasiPembelajaran.PustakaSetia:Bandung.http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2336 Yudhiantara, R., & Nasir, I. (2017).

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.604

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License