Pemberdayaan Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Struktur Eksternal Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae

Nining Kasim Muhdin, Riani Ramakila, Nurul Khafifa

Abstract


Keberadaan tumbuhan gymnospermae dan angiospermae yang hidup bebas dialam dilingkungan sekitar serta mudahnya untuk ditemukan, diamati, dan dipelajari maka perlu dijadikan sebagai media belajar untuk mahasiswa program studi pendidikan biologi yang telah memprogram mata kuliah struktur tumbuhan, sebab pemilihan media pembelajaran yang sesuai dapat menciptakan suatu proses belajar mengajar yang menarik dan mudah dipahami oleh mahasiswa sehingga mata kuliah struktur tumbuhan dapat menjadi salah satu mata pelajaran yang diminati dan dikuasai oleh mahasiswa pendidikan biologi. Mahasiswa pendidikan biologi selain mendapatkan teori struktur tumbuhan didalam kelas dan dibekali dengan kegiatan praktikum lapang akan lebih matang jika diberikan sebuah projek pembelajaran yakni berupa pembuatan media pembelajaran buku saku identifikasi struktur eksternal tumbuhan gymnospermae dan angiospermae sehingga aksi nyata dari implemtasi teori yang diajarkan selama dikelas dapat terlihat secara kontekstual dan serta keterampilan mahasiswa dapat terlihat dengan  membuat media pembelajaran berupa buku saku yang nantinya akan menjadi sumber belajar bagi mahasiswa yang akan memprogram mata kuliah sruktur tumbuhan.


Keywords


Struktur eksternal Tumbuhan; gymnospermae dan angiospermae; Media Pembelajaran;

Full Text:

PDF

References


AChristopher, A., & Mulyana, T. M. S. (2022). Klasifikasi Tumbuhan Angiospermae Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor Berdasarkan Pada Bentuk Daun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(4), 1233-1243.

Anjelita, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26171

Tjitrosoepomo Gembong. (2010). Taksonomi Tumbuhan (Spermatohyta). Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.

Kholifah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Kunci Identifikasi Digital Tumbuhan Gymnospermae Kelas X SMA Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mawardi Doni. (2009). CaraMudah Menulis Buku dengan Metode 12 Pas. Jakarta: Raih Asa Sukses

Munthe, R. D., Nanda, A. A., & Tanjung, I. F. (2023). Keanekaragaman Vegetasi Tumbuhan Gymnospermae Di Komplek Vetpur Medan Estate. Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic), 9(1), 45-51.

Nurnaningsih, Alam, S.A., & Golar. (2017). Pemanfaatan Hutan Produksi di Desa Malino Kecamatan Soyojaya Kabupaten Marawali Utara. Jurnal Forets Sains 14 (2), 114-120

Yulianti, A. D. A., Murty, E. H., Hikmiyah, L. R., A'yuningtiyas, Q., Agustin, S. A. D., Rahmadhani, S., & Fardhani, I. (2023). Keanekaragaman Tumbuhan Angiospermae Di Alun-Alun Tugu Kota Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9 (6), 4343-4352

Yuliani, E., Supeno, S., & Ridlo, Z. R. (2023). Identifikasi Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) di Kawasan Ijen Geopark Sebagai Sumber Belajar Biologi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8 (4), 880. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1252.

Ulfa, S. W. (2022). Identifikasi Tumbuhan Biji (Spermatophyta) Di Daerah Pesisir Pantai Cermin Serdang Bedagai. Journal Biology Education Science & Technology, 5 (2), 236.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.610

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License