PENGUATAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 6 KASIGUNCU

Indri Novayanti Gala, Melani Polohe, Abdullah Gymnastiar Tj

Abstract


Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam belajar. Dalam proses pembelajaran, peran guru dalam memberikan motivasi pada peserta didik sangatlah penting. Guru sebagai motivator harus mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan menimbulkan tanggung jawab peserta didik, serta dapat menerapkan berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai. Menerapkan model pembelajaran merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah kesulitan belajar dan memahami konsep pada peserta didik. Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) merupakan salah satu model yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan dalam belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan Guru dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis project serta menerapkan dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan ini diperoleh bahwa meningkatnya pemahaman guru  tentang model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa serta Guru memiliki pengalaman Menyusun perangkat pembelajaran berbasis Project.


Abstract

 

         Motivation is one of the factors that can affect students in learning. In learning process, teacher’s role in motivating their students is imperative. Teacher as motivator must be able to provide an exciting lesson and nurture students responsibility, and can implement various learning models that are tailored to the needs and goals. Implementing learning models is one of solutions to overcome learning difficulties and help students to understand concept. Project Based Learning (PJBL) model is one of the models that can be applied to overcome learning difficulties and increase student learning motivation. The objective of this activity was to develop teachers' abilities in creating and applying project-based learning devices in learning to increase student learning motivation. The activity was carried out through three stages, namely the planning stage, the implementation stage and the evaluation stage. The results of this activity showed that the teacher's understanding of the Project Based Learning (PJBL) model to increase student learning motivation increased and teachers had experience in compiling project-based learning devices.


Keywords


Model Pembelajaran; Project Based Learnig; Motivasi belajar; Learning Model; Project Based Learning; Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2018). endesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual : konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). Lantanida Journal, 5(2), 172. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=10244

Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16–21. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.241

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5, 93–196.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., Profesi, P., Universitas, G., & Satya, K. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Implementation of Project Based Learnng To Improve Mathematics Learning Motivation the. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar IslamJurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154–161. https://pdfs.semanticscholar.org/c7ee/143a170ad7bd457a566d154426f862f14584.pdf

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating students’ perceptions of motivating factors of online class discussions. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 18(5), 148–172. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.2883

Sardiman. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawalil Pers. Depok




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.698

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License