Pembuatan Media Pembelajaran Visual Digital di Era New Normal

Indri Novayanti Gala, Shelvy Ferawati Rurua, Bleiser Tanari

Sari

Penyebaran Covid 19, menyebabkan proses belajar mengajar yang dilakukan secara luring beralih menjadi pembelajaran secara daring. Hal ini tentunya menuntut para guru untuk memiliki kemampuan dan kreativitas dalam merancang suatu pembelajaran yang menarik bahkan memotivasi siswa dalam belajar. Media pembelajaran berbasis digital visual menjadi alternatif pilihan media yang dapat digunakan untuk membelajarkan siswa di Era New Normal ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis visual digital yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran di era new normal ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam 2 bentuk yaitu workshop dan bimbingan teknis dengan diikuti oleh guru SD Negeri Maliwuko yang berjumlah 10 orang. Dilaksanakan dua tahap yaitu tahap pelatihan, berupa pemaparan media pembelaran, pemaparan proses pembuatan media, diskusi cara penerapan metode dalam pembelajaran, dan praktik pembuatan media serta pengaplikasiannya di dalam kelas serta tahap pembimbingan dilakukan guna menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan pedagogik guru di era new normal, meningkatnya keterampilan dan kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran berbasis visual digital.

Kata Kunci

Visual Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aristoteles.,Febriansyah,F.E, Syarif. A., Miswar.D. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Di SMK Surya Dharma Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tabikpun. 2(1) : 21-28.

Arsyad., Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Barra, E., Aguirre Herrera, S., Pastor Caño, J. Y., & Quemada Vives, J. (2014). Using Multimedia and Peer Assessment To Promote Collaborative E-Learning. New Review of Hypermedia and Multimedia. 20(2):103–121.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran: Perannya sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Kustandi, dkk. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah. III(2):194–204.

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB). 6(1): 45–51.

Surachman, E. (2013). Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik Di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Sarwahita.13(2):111–119.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.