Pengembangan Entrepreneurship Melalui Strategi Pemasaran Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Keluarga Dan Masyarakat Desa Pasir Putih, Kecamatan Pamona Selatan, Kabupaten Poso
Abstract
Abstrak
Strategi pemasaran dalam pengembangan usaha saat ini sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Pelaksanaan pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di Desa Pasir Putih dengan fokus pada pengembangan strategi pemasaran dalam meningkatkan berbagai usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga serta dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi pelaku usaha UMKM, sehingga pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat menjadi input dalam Program Desa secara berkelanjutan. Hasil pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan kesadaran pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat, seperti strategi segmentasi pasar, strategi penentuan harga yang kompetitif serta promosi yang efektif.
Abstract
Marketing strategies in business development greatly influence the economic growth of MSME Actors. The implementation of Community Service Activity - CSA (PKM) carried out in Pasir Putih Village with a focus on marketing strategies in improving businesses to encourage family economic growth can provide knowledge for MSME Actors, so the objectives of CSA become input into sustainable Village Programs. The results of implementing CSA shows the awareness of MSME Actors in implementing the appropriate marketing strategies, such as market segmentation, competitive pricing and effective promotions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.
Devidly, Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Kuei Bangkit Kembang Melati Di Pekanbaru, Skripsi, 2019.
Firmansyah, H. Pemerintah Kejar Target Kenaikan Rasio Kewirausahaan Hingga 12 Persen.
https://www.rri.co.id/umkm/448342/pemerintah-kejar-target-kenaikan-rasio-kewirausahaan-hingga-12-persen
Graciafernandy, M. A. & Istiyawari, L. (2024). Studentpreneurship: Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Pada Generasi Z. Jurnal ABDIMASKU. Vol 7 (2) 843-850.
Hamzah, Kasmawati., & Sonata, D. L. (2022). Buku Ajar Kewirausahaan. Lampung: Pusaka Media.
Rhenald, Kasali, dkk, Modul Keiwirausahaan Untuk Program Strata A1. Bekasi: Ruimah Perubahan, 2020
Sugiarto, C. Kewirausahaan UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi.
https://www.setneg.go.id/baca/index/kewirausahaan_umkm_dan_pertumbuhan_ekonomi
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.700
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.