Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Akte Kelahiran (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso)

Sapruni Sapruni

Abstract

Artikel merupakan hasil penelitian tentang kualitas pelayanan publik dalam
pembuatan akte kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang diuraikan secara deskriptif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan yang kemudian data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik
dalam pembuatan akte kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso yang diukur dari transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak serta keseimbangan hak dan kewajiban, secara umum berdasarkan kriteria yang ditentukan termasuk dalam kategori kurang. Hal ini ditunjukkan belum semua kriteria memberikan kepuasan kepada masyarakat. Pelayanan publik pembuatan akte kelahiran sudah bersifat
terbuka dari segi prosedur pelayanan maupun informasi waktu pelayanan dan mudah diakses oleh masyarakat akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami persyaratannya dan kurangnya sosialisasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kepada masyarakat mengenai pentingnya akte kelahiran, waktu proses pengurusannya terkadang lambat dan belum bertanggung jawab dikarenakan adanya beberapa hambatan seperti padamnya listrik atau gangguan teknis yaitu system administrasi kependudukan yang
sering down, kurangnya sarana dan pegawai sehingga tidak adanya pembukaan loket baru. Masyarakat menilai sikap yang ditunjukkan petugas kadang diskriminatif karena jika ada yang berurusan dan mempunyai kenalan di dalam kantor maka akan dilayani dengan cepat. Akan tetapi pihak Dinas sudah memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dengan menyediakan layanan pengaduan dan sarana pendukung lainnya.

Keywords

Kualitas; Pelayanan Publik; Akte Kelahiran;

Full Text:

PDF

References

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Litjan Poltak Sinambela, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara Rudi Rinaldi, Analisis Kualitas Pelayanan Publik, Vol 2 No. 1 tahun 2012. https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/945/955

Selvi Rianti, Zaili Rusli, dan Febri Yuliani, KUALITAS PELAYANAN PUBLIK Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 15, Nomor 3, Juli 2019 : 412-419, https://jiana.ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/view/7899

Sugiyono, FX, 2011, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), CV Alfabeta, Bandung

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Daerah Kabupaten Poso Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.