Pelaksanaan Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Masa Covid-19 pada Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage Kabupaten Poso

Galib Lahada, Muhammad Yasser Fedayyen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan fungsi manajemen dalam pelayanan kesehatan masyarakat di masa Covid-19 pada Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage Kabupaten Poso dan mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi manajemen terhadap pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage yang diantaranya fungsi perencanaan (planning) yang dilakukan di Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage secara umum sudah baik dengan disusunnya rencana kegiatan manajemen agar lebih terarah. Fungsi organisasi (organizing) sudah terstruktur dan tertata dengan rapi sesuai dengan peraturan yang ada, tetapi masih ada pegawai yang merangkap pertanggungjawaban kegiatan-kegiatan yang direncanakan. Fungsi pelaksanaan (actuating) dalam hal SDM secara umum masih perlu peningkatan kuantitas dan kwalitasnya agar Puskesmas Tagolu bisa lebih baik atau meningkat kualitasnya serta perlunya motivasi dari pimpinan dan fungsi pengawasan (Controlling) secara umum sudah dilaksanakan dengan baik dengan adanya pengawasan rutin yang dilakukan ditiap bulan di wilayah kerja Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi manajemen diantaranya faktor pendukung meliputi komunikasi, informasi, peran dokter, sumber daya manusi, motivasi pasien dan kepatuhan pasien. Sedangkan faktor penghambat meliputi komunikasi, fasilitas pengaduan dan fasilitas tenaga kesehatan dokter

Keywords

Fungsi Manajemen; Pelayanan;

Full Text:

PDF

References

Alimul. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Teguh Ambarwati, Maria Retno. 2016. Fungsi Manajemen Puskesmas Dalam Pemberian Program ASI Ekslusif. Global Health Science, Poltekkes Kemenkes Surabaya

Arifin, M. 2005. Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Tesis. Program Pasca Sarjana. FIK-UI

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grapindo

Azwar. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa

Covid, C & Team. 2020. Protokol Tatalaksana Covid-19.

Departemen Kesehatan RI. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004. tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Profil kesehatan Indonesia 2007. Jakarta : Depkes RI Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu Sp. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hatmoko. 2006. Pedoman Kerja Puskesmas, Staf Pengajar IKM Universitas Mulawarman, Makassar

Hidayat. 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Heath Books

Moenir. 2005. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Monirung. 2015. Manajemen Keuangan Desa Sebagai Faktor Penentu Keberhasilan. Universitas Sam Ratulangi Manado

Ridwan dan Sudrajat. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung : Nuansa

Saputra, R.S.N. 2005. Hubungan Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Perawat di RS Karya Bhakti Kota Bogor. Thesis. Jakarta: PPS FIK UI

Siagian. 2013. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Terry, George. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara

Triwibowo. 2014. Manajemen Pelayanan di Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonosia

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.