Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru ( Studi Di Kabupaten Poso )
Abstract
Abstrak: Fokus penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru (Studi di Kabupaten Poso). Latar belakang penulisan ini adalah temuan lapangan ketika melakukan observasi awal yang menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru di Kabupaten Poso tidak berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis jalannya proses implementasi kebijakan sertifikasi guru di Kabupaten Poso. Metode Penelitian yang dipakai dalam penulisan ini adalah metode kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui obesrvasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Penentuan informan penelitian ini memakai teknik bola salju (Snow Ball).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru di Kabupaten Poso tidak berjalan dengan baik karena selain guru hanya disibukkan dengan pengurusan dokumen untuk memenuhi segala macam tuntutan kurikulum sehingga tugas utama mengajar teraibakan, juga kebijakan yang lemah, keterbatasan anggaran dan lemahnya kualitas sumber daya manusia.
Abstract: Abstrac :The research of focused on the Implementation of Teacher Certification Policies (Study in Kabupaten Poso). The general background of writing this thesis is the fact, which based on field observation, that indicate implementation of teacher certification policies in Kabupaten Poso not running as it should.The purpose of this study is to describe and analyze the course of the implementation process of teacher certification policies in Kabupaten Poso.The research method used in the writing is a qualitative method and all the data obtained through extensive observation, in-depth interview and literature study. Informant has been determined by snowball technique.The result of this research shows Teacher Certification Policy Implementation in Kabupaten Poso does not run properly due to lack of socialization policies, weak regulation, budget constraints and lack of human resources quality.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustino, Leo. 2006. Politik & Kebijakan Publik. Bandung. AIPI.
Jones, Charles O. 1994. Pengantar Kebijakan Publik (Publik Policy), Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2006, Pedoman Sertifikasi Guru, Jakarta
Milles B Matthew & Huberman A. Michael. 2009. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi.Jakarta. UI-Press.
Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rasyid, M Ryaass. 1997. Makna Pemerintahan, Tinjauan dari Segi Etika, dan Kepemimpinan, Jakarta : Yasif, Watampone .
Siagian, Sondang P. 1997. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, Jakarta : PT. Toko Gunung Agung
Suparlan, 2005, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta ; Hikayat
Tachjan. 2008. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta
http://blog.uny.ac.id/argopambudi/2009/08/04/sertifikasi-guru/
(diakses 21 Desember 2022)
http://rullyindrawan.wordpress.com/2008/12/02/lembaga-penyelenggara-program-sertifikasi-bagi-guru-implikasi-kebijakan-dan-problematika-serta-solusinya/
(diakses 21 Desember 2022).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.