PKM bagi Guru IPA SD dalam Menyusun Bahan Ajar Non-Cetak sebagai Media Pembelajaran Online
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran daring di Sekoah Dasar di Kecamatan Poso Kota Utara belum berlangsung secara maksimal, karena dalam pelaksanaannya hanya dilakukan melalui WA grup, dengan cara mengirim materi pelajaran dan link absen ke WA grup tersebut. Guru kurang berinovasi dalam hal penyampaian materi pelajaran tersebut. Padahal ada beberapa materi yang perlu disampaikan secara detail, misalnya disampaikan melalui video pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut. Sehingga kompetensi yang telah dirumuskan bisa tercapai. Permasalahan tersebut di atas bukan dilakukan karena factor sengaja, melainkan karena guru belum terampil dalam menyusun bahan ajar dalam bentuk video, ataupun jenis bahan ajar non-cetak lainnya. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan oleh tim pengadian kepada masyarakat, yaitu dengan memberikan pelatihan (pendampingan) dalam menyusun bahan ajar non-cetak, sehingga guru mampu menghasilkan produk bahan ajar non-cetak yang siap diimplemetasikan dalam kegiatan pembelajaran daring tersebut. Capaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu keterampilan dan kemampuan guru dalam menyusun bahan ajar non-cetak meningkat. Adapun target luaran yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah publikasi artikel ilmiah dalam jurnal/prosiding.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Krisnadi, E., & Pribadi, B. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak. Kementerian Pendidikan Nasional.
Agnezi, L. A., & Khair, N. (2019). Pengertian, Jenis-Jenis Dan Karakteristik Bahan Ajar Non Cetak (ICT).
Harsasi, M. (2011). Pengembangan Computer-Assisted Instruction Sebagai Bahan Ajar Pada Universitas Terbuka. Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom.
Andi, F. S., Darvina, Y., & Ratnawulan, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Non Cetak Bermuatan Karakter Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Siswa Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas Xi Sma Negeri 3 Padang. Pillar Of Physics Education, 10 (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.534
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.