Pelatihan Pembuatan LKPD Berbasis PjBL Bagi Guru di SMA Negeri 4 Poso

Shelvy Ferawati Rurua, Wulan Taluari, Lulun Crisanti Tondowana

Abstract


Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran saat ini menuntut guru dapat membuat sumber ajar yang dapat memfasiltasi kegiatan belajar siswa menjadi lebih efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai optimal. Integrasi pendekatan pembelajaran inovatif sangat dibutuhkan guru guna mencapai hal tersebut. Pendekatan inovatif itu antara lain adalah Project Base Leraning (PjBL). Proses pembelajaran yang menggunakan LKPD  berbasis PjBL dapat mengaktifkan peserta didik sehingga membantu mereka dalam mengembangkan konsep-konsep pembelajaran, melatih peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan ide secara jelas serta dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka.Rencana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pelatihan pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) sesuai dengan tuntutan pada Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komptensi pedagogik guru dalam pembuatan LKPD berbasis PjBL. Metode kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi , bimbingan pembuatan LKPD berbasis PjBL, dan evaluasi dalam bentuk pre test dan post test untuk mengetahui pemahaman guru tentang kegiatan pembuatan LKPD berbasis PjBL.Luaran kegiatan pengabdian ini adalah guru secara mandiri mampu menyusun dan menghasilkan LKPD berbasis PjBL sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Poso 


Keywords


Pelatihan; Lembar Kerja Peserta Didik; Project Based Learning; Guru SMA

Full Text:

PDF

References


Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Natural Science And Integration, 2(2), 191–202.

https://doi.org/10.24014/JNSI.v212.8151

Anzalna, L., Misdalina, M., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Derivet, 1-9.

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di SMP. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 13. DOI: https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Budiarti, R. S., Johari, A., Rusdi, M., & Anggereini, E. (2023). Penggunaan Logbook/PMT (Project Managerial Team) berbasis Kekayaan Lokal Jambi pada Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Belajar. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(1).

https://doi.org/10.24815/jbe.v15i2.35263

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kainama, L., Salhuteru, J., Rumahuru, O., Unitly, M., & ... (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4, 536–550. http://ejournal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/760

Mahardika, H. C., Ismawati, R., & Rahayu, R. (2022). Penerapan LKPD Berbantuan Simulasi PHET Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik SMP . Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 1-10.

Sari, L., F, F., Hadiyanto, & Arif, D. (2022). Validitas LKPD Berbasis Model Project Based Learning Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.774

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License