Media Flashcard untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Ika Paramitha Lantu, Andri Amaliel Managanta

Abstract


Abstrak

 

Bahasa Inggris saat ini diposisikan sebagai keterampilan dasar yang perlu diperkenalkan sejak jenjang sekolah dasar untuk membekali siswa menghadapi tantangan global dan era digital. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa melalui media yang mudah diterima dan dipahami. Diharapkan, pendekatan ini akan berdampak pada peningkatan penguasaan kosakata dasar siswa, terutama yang berkaitan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dirancang untuk dilaksanakan selama bulan Februari-Maret 2025, yang terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas 5 SD GKST Tagolu, khususnya pada letters, numbers, animals, dan things around us. Peningkatan tersebut tercapai melalui proses pembelajaran yang mengintegrasikan media flashcard dan pendekatan berbasis permainan (game based learning) yang terbukti mampu meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan. Pelatihan disarankan tidak hanya berfokus pada kosakata, tetapi juga mencakup keterampilan membaca dan menulis bahasa Inggris agar siswa memiliki kemampuan literasi yang lebih komprehensif. Penggunaan variasi tema pembelajaran seperti profesi, transportasi, warna, dan aktivitas sehari-hari perlu diterapkan untuk memperkaya kosakata sesuai konteks kehidupan siswa. Keterlibatan aktif guru sekolah juga penting guna memastikan keberlanjutan pengajaran dengan pendekatan berbasis media dan permainan. Optimalisasi teknologi sederhana seperti audio dan video interaktif juga dapat memperkuat pengucapan dan pemahaman siswa terhadap kosakata yang dipelajari.


Keywords


Media Pembelajaran; Bahasa Inggris; Flashcard; Kosakata Siswa

Full Text:

PDF

References


Alqahtani, M. (2015). The importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International Journal of Teaching and Education, III(3), 21–34. https://doi.org/10.20472/te.2015.3.3.002

Brown, H. D. (2001). Principles of Language Learning and Teaching (P. Education (ed.); Fifth Edit).

Cetin, Ö. Ş., Gulhan, M., & Katranci, M. (2018). A Study on the Effect of Pre-school Education on Early Literacy Skills. International Online Journal of Educational Sciences, 10(5), 201–221. http://10.0.59.241/iojes.2018.05.014%0Ahttp://proxy.libraries.smu.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=133554211&site=ehost-live&scope=site

Gagne, R., & Briggs, L. (1979). Principles of Instructional Design (2nd Editio). Holt, Rinehart and Winston.

Gultom, R. (2019). Implementasi Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Games Tournament Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 5 Medan. Majalah Ilmiah Warta Darmawangsa, 60(1), 1–23.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.

Permenristekdikti No 12, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan 1 (2024). https://peraturan.bpk.go.id/Details/285478/permendikbudriset-no-2-tahun-2024

Rafael, A. M. D., Enstein, J., Nahak, R., & Lopez, M. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash Card Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas Tinggi Di Sd I Supul Meo. Pengabdian Masyarakat Dan Ilmu Pendidikan, 25–29.

Sulaiman, R., & Akidah, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis Pendahuluan. 2(3), 242–252.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.71127/2808-9073.775

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License