Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Idola Poso

Adolf O. S. Lubalu

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan harga secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Idola Poso. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di Toko Idola Poso.tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode sampling accidental, jumlah sampel pada penelitian berjumlah 45 responden. Pengujian penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji koefisien determinasi (R2).

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut. Y= 4,785+ 0,376X1+ 0,236X2. Berdasarkan uji F bahwa variabel produk dan harga secara (simultan) berpengaruh signifikan (sig F 000,α 0,005) terhadap keputusan pembelian pada Toko Idola Poso. Hasil uji t variabel XI yakni produk berpengaruh signifikan (sig t < α 0,05)  dan variabel X2 yakni harga tidak berpengaruh signifikan (sig t > α 0,05) terhadap keputusan pembelian pada Toko Idola Poso. Nilai  R2    (R square ) sebesar 0,375. Angka ini menjelaskan bahwa kontribusi produk dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 37,50% dan sisanya 62,50% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci

Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Boyd, et, el, 2009. Manajemen Pemasaran. Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jakarta. Erlangga

Kotler, Philip, 2010. Marketing. Edisi 8, Jakarta : Sakempa Empat

Philip Kotler dan Gary, Amstrong. 2007. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 8, Erlangga. Jakarta

Lamb, hair, Mc Daniel, 2001. Pemasaran. Alih Bahasa Thomson Learning, Bukudua Penerbit. Salemba Empat. Jakarta

Pratiwi,P.A.O.A. 2010. Tentang Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.Bali

Perwira, F.T. 2013. Pengaruh Produk,Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.Universitas Diponegoro.Semarang

Suti,I. 2010. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi da Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.Jakarta

Swastha, Basu, 2009. Manajemen Pemasaran Modern. Yogjakarta. Liberty

Sumarwan, Ujang. 2009. Perilaku konsumen (Teori dan penerapan dalam Pemasaran). Cetakan Kedua Bogor. Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandi, 2008. Strategi Pemasaran. Yogjakarta: CV. Andi Offset

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.