Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Primer Koperasi Kepolisian Poso

Sudarto Usuli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, dan berwujud, terhadap kepuasan anggota Primer Koperasi Kepolisian Poso. Penelitian ini dilaksanakan di Primer Koperasi Kepolisian Poso. Sampel Penelitian yaitu 30 orang  pelanggan. Data yang digunakan yaitu data  primer dan  data sekunder. Data dikumpulkan melalui, wawancara, dokumen, dan kuisioner dengan menggunakan daftar pertanyaan, data tersebut dianalisis dengan menggunakan Regresi Linear Berganda.

Hasil penelitian Dari ke lima variabel penelitian (Kualitas Pelayanan) Variabel Kualitas Pelayanan dari kelima variabel penelitian. Hasil Uji t (Parsial) tidak berpengaruh signifikan dua variabel (ketanggapan dan kehandalan) sedangkan yang berpengaruh signifikan tiga variabel (empati, jaminan dan bukti fisik) terhadap Kepuasan Anggota pada Primer Koperasi Kepolisian Poso. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan besaran angka R square. Hasil R square diperoleh sebesar 0,536. Angka ini menunjukkan bahwa kontribusi semua variabel bebas yaitu sebesar 53,6 % dan 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai R sebesar 0,732. Kualitas pelayanan mempunyai korelasi Kuat karena berada diantara ( 0,60 – 0,799).

Keywords

Kualitas Pelayanan; Kepuasan; Anggota Primer; Koperasi;

Full Text:

PDF

References

Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Angel, dkk, 2001, Strategi Pemasaran, Penerbit Liberty, Jakarta.

Kotler Philip, 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler Philip, 2005. Manajemen Pemasaran (Edisi Ke empat) Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler dan Armstrong, 2002.Konsep Kepuasan.Edisi Dua Belas. PT. Indeks. Jakarta.

Love lock, 2005, Service Marketing, Technology, People, Strategy, Edisi Kedua, USA, and Prentice Hall International.

Nasution, Nur M, 2004, Manajemen Transportasi. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta

Salim, Abbas, 2003. Manajemen Transportasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Swastha Basu dan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran, Terjemahan Jaka Wasana, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Swastha Basu dan Irawan, 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Jogyakarta.

Swastha Basu dan Irawan, 2005. Manajemen pemasaran.PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung

Tjiptono, 2006. Konsep Pelayanan, (Edisi Ke empat) Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Tjiptono, 2000. Konsep Jasa,Edisi Kedua. Andi Ofset.Yogyakarta

Miro.2002. Pengertian Transportasi. Indologistics. Jakarta

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.