Pengaruh Features Dan Perceived Quality Terhadap Consumer Satisfaction Handphone Samsung Di Kota Poso

Adolf O. S. Lubalu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Features dan Perceived quality berpengaruh terhadap Consumer satisfaction Handphone Samsung di Kota Poso. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan hendphone Samsung di Kota poso.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut            Y = 5,308 +0,389 X1 + 0,321 X2. Berdasarkan analisis data statistik, setiap indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis yaitu Hasil uji T membuktikan bahwa semua variabel independen yaitu Features dan perceived quality mempunyai pengaruh positif terhadap Consumer satisfaction Handphone Samsung di Kota Poso dan  uji F menunjukkan bahwa features dan perceived quality secara  simultan berpengaruh signifikan terhadap Consumer satisfaction, dengan nilai F hitung sebesar 13,976 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05  .Koefisien determinasi R square yang diperoleh sebesar 0,536. Hal ini berarti 53.6% Consumer satisfaction dipengaruhi oleh variabel features dan Perceived quality , sisanya yaitu 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords

Features; Perceived quality; Reliability; Assurance; Kepuasan Konsumen;

Full Text:

PDF

References

Aaker, (2003) Manajemen Ekuitas Merek, Diterjemahkan oleh Aris Ananda. Jakarta : Spektrum

Bayu Hadyanto et.al,. 2007: Pengaruh kualitas produk Terhadap Kepuasan Konsumen puri Mediterania. Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol, 4, No 2, juli ,2007

Budi Hermawan, (2011), Pengaruh kualitas produk Terhadap Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan VOL 4, No2, Agustus 2011 h 1-9

Dermawan Sandro, (2014) Pengaruh Kualitas produk, Fitur, Desain Terhadap Keputusan pembelian Mobil Toyota Di Semarang.Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 4 No 1, April 2014 pp 1- 10

Fanny Fibrianti et.al, (2014) Pengaruh Brandimange Dan Percevied Quality Tehadap Kepuasan Dan Loyalitas Mobil Toyota, Jurnal Manajemen pemasaran vol. 2, No 2, Januari 2014 h 1-8

Gulo, W, 2005, Metodologi Penelitian.penerbit PT. Grasindo, Jakarta

Hutami P Sari, (2016), Pengaruh Citra merek, Fatures, dan persepsi Harga Terhadap keputusan pembelian, Universitas Negeri Yogyakarta

Imam Ghozali, (2005). Aplikasi Analisis dengan program SPSS. Semarang. Badan penerbit Universits Diponogoro

Irawan (2009), Prinsip-prinsip Kepuasan Konsumen. Jakarta : Elek Media Computindo

Kotler dan Gary, 2008: Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1, Edisi keduabelas, Erlangga, jakarta.

Kotler, Armstrong, (2006). Prinsip – prinsip pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Khairul Fata et.al, 2015: Pengaruh Harga, Citra merek, dan Fitur Terhadap kepuasan konsumen serta dampak pada Loyalitas, merek Handpone Samsung di Banda Aceh, Jurnal Manajemen Vol 4, No 3, Agustus 2015. pp 131-140

Kotler, (2006) Manajemen pemesaran. Edisi 2. PT. Indeks: Jakarta

Putri Sarasrasti, (2009), Pengaruh Perceived Quality Terhadap Custemer Loyalti Pada PT. Yummy Food utama, Jurnal Manajemen pemasaran, vol.5, No 7 juli 2009 pp 1- 15

Ria Elviyanti, 2011 : Pengaruh Brand Association dan Perceivved quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Biore Body Foam pada Mahasiswa Universtas negeri Padang. Universitas Negeri padang Jurusan Ekonomi Manajemen

Schiffman L.G, (2007) Perilaku konsumen, jakarta, penerbit Erlanga

Sugiyono, (2008). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS.

Yamit, Z, (2005), Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Penerbit Ekonomi

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.