Pengaruh Community Development Sebagai Aktivitas Corporate Social Responsibility Terhadap Relationship Quality, Functional Value Dan Satisfaction Pada Pengembangan Usaha Kecil Menengah Di Kota Poso
Abstract
Aktivitas corporate social responsibility pada penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi data terkait jumlah dan berbagai pelaku usaha yang ada di Kota Poso melalui pemerintah dan pihak swasta, hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui informasi mengenai kondisi UKM di Kota Poso. Selanjutnya mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi untuk dapat merumuskan solusi yang akan diimplementasikan berdasarkan program corporate social responsibility. Kegiatan selanjutnya membagi kelompok sesuai usaha yang dijalankan atau produk yang dihasilkan, hal ini akan memudahkan mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang ada. Jika semua data, laporan serta hasil wawancara dan FGD (Focus Group Discussion) telah dirumuskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SEM berfokus pada pengumpulan data dan analisis. Berkaitan dengan kegiatan akhir penelitian hasil kegiatan akan diukur melalui pendekatan kuantitatif untuk mengetahui kepuasan UKM dalam CSR baik dari pemerintah maupun swasta. Hal ini bertujuan untuk mengetahui manfaat program bagi pengembangan UKM dalam jangka panjang terhadap usaha yang dijalankan. Populasi keseluruhan dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 180 responden dengan menggunakan simple random sampling (homogen), selanjutnya estimasi sampel akan dilakukan dengan pendekatan statistik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budimanta, A. Adi, P, dan Bambang, R. 2004. Corporate Social Responsibility: Jawaban Bagi Model Pembangunan Indonesia Masa Kini. Jakarta: Indonesian Center for Sustainable Development (ICSD).
Du, S., Bhattacharya, C.B. and Sen, S. 2010. Maximizing Business Returns to Corporate Social Responsibility (CSR): the Role of CSR Communication. International Journal of Management Reviews Vol. 12 No. 1, pp. 9-19.
Elkington, Jhon 1998. Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Gabriola Island, BC: New Society Publishers.
Kotler, P. and Keller, Kevin, L. 2008. Marketing Management, 12 Edition, Pearson Edition, Upper Saddle River, New Jersey.
Kotler, P. and Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing, 14th Edition. Pearson Education, Upper Saddle River, NJ.
Mandhachitara, R. and Yaowalak, P. 2011. A Model of Customer Loyalty and Cororate Social Responsibility. Journal of Service Marketing Vol 25 No 2 pp 122-133.
Maignan, I. and Ferrell, O.C.2004. Corporate Social Responsibility and Marketing: an Integrative Framework. Journal of Academy of Marketing Science Vol 32 No 1 pp 3-19.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.