Pengaruh Harga Dan Nilai Fungsional Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome di Kota Poso
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel harga dan nilai fungsional terhadap kepuasan pengguna indihome di Kota Poso. Populasi yang digunakan adalah pengguna indihome di Kota Poso. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang teknik sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data di analisis dengan alat computer statistical program for social science (SPSS).
Berdasarkan hasil penelitian, harga dan nilai fungsional berpengaruh signifikan terhadap pengguna indihome, dengan nilai t hitung variabel harga sebesar 2,990 dengan signifikan sebesar 0,005< 0,05 dan nilai t hitung variabel nilai fungsional sebesar 3,941 dengan signifikan 0,000 < 0,05.. Hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan nilai fungsional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengguna indihome, dengan nilai F hitung sebesar 39.542 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi Rsquare yang diperoleh sebesar 0,653. Hal ini berarti 65,3% pengguna indihome dipengaruhi oleh variable harga dan nilai fungsional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, 2005.Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa. Cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta.
Angipora. 1999. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan, Malang : Bunyumedia Publishing.
Barnes, James G. 2003. Secrets of Customer Relationship Management (Terjemahan Andreas Winardi). Yogyakarta: PenerbitAndi
Bojanic, D. (1996). Consumer Perceptions of Price, Value and Satisfaction in the Hotel Industry: an Exploratory Study. Journal of Hospitality and Leisure Marketing 4(1), 5-22.
BilsonSimamora. 2001. Memenangkan Pasardengan Pemasaran Efektifdan Profitabel. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Darmawan, Deni (2006). Dasar-dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Upi Press, Bandung.
Duchessi, Peter. 2002. Crafting Customer Value: The Art and Science., Efficient Offset Printers: New Delhi. Edition. Singapore : McGrow Hill.
Engel, J.F. et.al., 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara, Jakarta.Penerbit : Erlangga, Jakarta
Fornell, C. (1996). The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings. Journal of Marketing 60, 7-18.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan kesebelas.Yogyakarta : Liberty Offset
Kismono, Gugup. 2001. Pengantar Bisnis. Edisi Pertama.Yogyakarta : BPFE
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Salemba Empat. Jakarta
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta. Indeks
Kotlerdan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisike 13. Jakarta:Erlangga
Leblanc G dan Nguyen, N. 2001. “Corporate Image and Corporate Reputation in Customers’ Retention Decisions in Services.” Journal of Retailing and Consumer Services 8 : 227-236.
Lemon, Valerie A. Zeithaml. (2004). ‘Customer Equity: Maing Marketing Strategy Financially Accountable’.Journal of System Science and System Engineering.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua.
Machfoedz, Mahmud. 2005. Kewirausahaan: Metode, Manajemen, dan Implementasi. Yogyakarta : BPFE – Yogyakarta
Mursid, M, Drs. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: BumiAksara
Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Reinartz, W. and Kumar, V. (2003), “The impact of customer relationship characteristics on profitable lifetime duration”, Journal of Marketing, Vol. 67 No. 1, pp. 77-99.
Simamora. 2001. Memenangkan Pasardengan Pemasara nEfektif dan
Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sproles, G.B., & Kendal, E. L,, 1986, A Methodology for Profiling Consumers Decision Making Styles, Universtity of Arizona.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sweeney, J. C., &Soutar, G. N. (2001). Consumer Perceived Value: The Development of A Multiple Item Scale. Journal of Retailing. 77(2), 203–
Tjiptono 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset 220.
Tjptono, Fandy, 2006, Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.Yogyakarta :Andi
Tsedan Wilton (1988).Kepuasan Pelanggan, jilid 2. Edisi ketiga. Klaten. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Wahyuddin, M. Dan Ambar Muryati. 2001. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Klaten. Jurnal Manajemen Daya Saing, Vol. 2, No. 2, Desember, hal. 188-197. Program Pascasarjana UMS.
Wahyuningsih, Amalia Sawitri. 2004. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional
Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi Universitas Persada Indonesia Y.A.I: Jakarta .
Woodruff, Robert B., 1997, “Customer Value : The Next Source for Competitive Advantage”, Journal of Academy of Marketing Science, Vol 25, no.2, p.139-153.
Zeithaml, Bitner, Gremler. 2006. “Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm”, Singapore, The MCGraw-Hill Companies
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.