KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN POSO

Rahimudin Lubaid

Abstract

Tujuan penelitian adalahuntuk mengetahui persepsi konsumen tentang pelayanan pajak kendaraan bermotor dipandang dari aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung pada Kantor Samsat Kabupaten Poso. Penelitian ini di laksanakan di Kantor Samsat Kabupaten Poso. Data yang di gunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari 50 orang pemilik kendaraan bermotor yang datang ke Kantor Samsat untuk membayar pajak. Data berupa hasil kuesioner (angket).
Data di analisis secarakualitatif deskriptif yang bertujuan menerangkan informasi mengenai pelayanan pajak kendaraan bermotor dari aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelayanan pajak kendaraan bermotor pada Kantor Samsat Kabupaten Poso sudah tergolong baik di tinjau dari variabel kehandalan 54,5%, daya tanggap 54%, jaminan 59,3%, empati 64% dan bukti langsung 45%.

Kata Kunci : kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati

Full Text:

PDF

References

Asfariyah, Isna, 2005. Analisis Kualitas Layanan Jasa pada lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Widyaloka Palu. Skripsi Fakultas Ekonomi UNTAD Palu.

Engel, F. James, Roger D. Blackwell & Paul W. Miniard, 1994. Perilaku Konsumen, Jilid 1 dan 2, Edisi Keenam, Bina Aksara, Jakarta.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,Cetakan Kelima Belas. BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisis Ervisi, Jilid 1, PT. Prenhalindo, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Moenir AS, 1992. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia Jakarta

Mursid, M , 1997, Manajemen Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Nasir, Moh, 1998. Metode Penelitian, Cetakan Kedelapan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Notoadmojo, 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Ke II Rineka Cipta Jakarta

Payne, Adrian, 2001. Pemasaran Jasa (Service Marketing), Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Andi Offset, Yogyakarta.

Parasurahman, A, Valarie A. Zeithamal and Leonard L. Berry, 1998. “A Conceptual Model of Service Quality and Implication

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.