ANALISIS PENDAPATAN USAHA BATU BATA

Ilyas Martunus

Sari

Berkembangnya Industri Batu bata di wilayah ini menyebabkan terbukanyakesempatan kerja dan sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat. Jumlah tenaga kerja yang bekerja pada sektor ini mencapai 400 orang,yang terdiri dari tenaga kerja pria dan wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar pendapatan tenaga kerja pada Industri Batu bata di Kabupaten Poso. 2) Untuk mengetahui faktor- faktor apa yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja pada Industri Batu bata di Kota Poso dan sekitarnya.
Dalam menganalisis data menggunakan metode analisis regresi berganda, dengan sampel berjumlah 40 orang yang diambil secara random. Hasil penelitian menyatakanKemampuan Tenaga Kerja dalam menghasilkan batu bata bervariasi antara 300 ( tiga ratus ) buah sampai dengan 700 ( tujuh ratus ) buah perhari. Hal tersebut sekaligus mencerminkan tingkat upah atau pendapatan yang mereka terima, mulai dari Rp.24000,- sampai dengan Rp. 70.000,- perhari . Jumlah tersebut secara relatif masih tergolong rendah.
Persamaan regresi tersebut menunjukan bahwa keempat variable bebas yaitu Skill,Jam kerja,Jenis produksi dan Etos kerja benar-benar punya kontribusi positif terhadap kenaikan pendapatan tenga kerja. Hal ini terlihat pada nilai koefisien regresi dari keempat variable bebas tersbut mempunyai nilai positif.dengan Model Regresi Y = - 48.778 + 1,195 S + 2.220 T + 6.933 Qk + 0,317 Ek.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anonim, Undang- Undang Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia.

Astamoen,Moko P. 2005.Entrepreneurship Dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia, Alfabeta,Bandung.

Boediono, 1990. Ekonomi Mikro, Yogyakarta; BPFE UGM.

Gardner Ackley, 1992. Teori Ekonomi Makro. Jakarta , UI Press.

Simanjuntak,Payaman,J .1985, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, LP FE UI, Jakarta.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D . Alfabeta Bandung.

Sukirno, Sadono,1994. Pengantar Makro Ekonomi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yunus,Muhammad,2008, Bank Kaum Miskin, Kisah Yunus dan Grameen Bank Memerangi Kemiskinan.Terjemahan Irfan Nasution, Marjin Kiri Depok.

Kabupaten Poso Dalam Angka, Tahun 2008.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.