Kualitas Layanan Daring terhadap Kepuasan Pengguna Perkuliahan Online sebagai Blanded Learning pada Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso

Holmes Rolandy Kapuy, Andik Setiawan, Rahmansyah Ismail

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis perkuliahan daring yang dinilai berdasarkan kualitas layanan daring terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pengguna layanan yang diberikan oleh pihak fakultas. Aplikasi perkuliahan daring dinilai memberikan kontribusi positif dan pengalaman yang baik bagi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran bersama dosen. Dalam penelitian ini kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan daring yaitu teaching, support service dan system. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa fakultas ekonomi universitas Sintuwu Maroso Poso semester IV, sampel pada penelitian ini sebanyak 57 mahasiswa sebagai pengguna dengan alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan daring yang didasarkan teaching, support service dan system secara uji simultan (F) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, selanjutnya secara parsial bahwa teaching (X1) berpengaruh signifkan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,001, support service (X2) tidak berpengaruh signifkan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,804 dan system (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,036. Dapat disimpulkan penilaian mahasiswa sebagai pengguna aplikasi perkuliahan daring didasarkan variabel-variabel kualitas layanan daring memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Keywords

teaching, support service, system, kualitas layanan daring, kepuasan pengguna

Full Text:

PDF

References

Ayuni, Devi. & Mulyana, Andy. (2019). Applying Service Quality Model as a Determinant of Success in E-lerarning: The Role Institutional Support and Outcome Value. Review of Integrative Business and Economics Research. Vol 8. pp. 145-159

Dehghan, A., Dugger, J., Dobrzykowski, D.,& Balazs, A. (2014). The antecedents of student loyalty in online programs. International Journal of Educational Management. Vol 28 No.1 pp.15-35.

Fabriza, Reza. (2020). Dampak Virus COVID-19 Bagi Mahasiswa. Universitas Stikubank Semarang.

Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajamen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Juliandi, Azuar. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama. Penerbit: Media Inn, Medan.

Lee, M. (2010). Explaining and predicting users’ continuance intention toward e-learning: An extension of the expectation–confirmation model. Computers & Education. No.54,pp.506-516.

Martínez-Argüelles, M.J., Blanco, M.,& Castán, J.M. (2014). Dimensions of Perceived Service Quality. Universities and Knowledge SocietyJournal. Vol. 10 No. 1. pp. 89-106.

Martinez-Arguelles, M., & Batalla-Busquets, J. (2016). Perceived service quality and student loyalty in an online university. International Review of Research in Open and Distributed Learning. Vol. 17 No. 4 pp.264–279.

Maudiarti, Santi. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan.Vol 32. No. 1. pp. 53-68

Pham, Long., Limbu, B.Y., Bui, K.T., Nguyen, K.T., & Pham,T.H. (2019). Does E-Learning Service Quality Influence E-Learning Student Satisfaction and Loyalty? Evidence From Vietnam. International Journal of Educational Technology in Higher Eduaction. Vol 17 No. 7. pp. 1-26

Rahman, S.M., & Abu Zarim. (2014). Service Quality and Students Satisfaction Towards Purchasing Online Educational Resources. Journal of Marketing Management. Vol 2 No. 2. pp. 57-64

Ramayah, T. & Lee, C.W, Jason. 2012. System Characteristics, Satisfaction And E-Learning Usage: A Structural Equation Model (SEM). The Turkish Online Journal Of Eduvational Technology. Vol 11. pp. 196-206.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, cv.

Yosep. (2015). Analysis of Relationship Between Three Dimensions of Quality, User Satisfaction, And E-Learning Usage of Binus Online Learning. Communication & Information Technology Journal. Vol 9 No. 2. pp. 67-72

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.