Pengaruh Kualitas dan Cita Rasa terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kukis Bakar Tandobone

Adolf O.S Lubalu

Abstract

Studi penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
dan Cita Rasa terhadap Kepuasan Pelanggan Kukis Bakar Tandobone.
Penelitian ini dilaksanakan di usaha kukis bakar Tandobone, dengan
populasi 30 orang dan semua dijadikan sampel dengan menggunakan
nonprobability atau sampel jenuh. Data yang digunakan adalah data primer
dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui, wawancara, dokumentasi
dan kuisioner dengan menggunakan daftar pertanyaan, kemudian data
tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil pengujian diperoleh nilai t untuk variabel kualitas menunjukkan nilai t
sebesar 0,00 dengan nilai signifikansi 5% , maka 0,00 < 0.05. dengan nilai
signifikansi dibawa 0.05 tersebut menunjukkan kualitas memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Hasil pengujian diperoleh
nilai t untuk variabel cita rasa menunjukkan nilai t sebesar 0,000 dengan
nila siknifikansi 5% yaitu 0.000 < 0.05 dengan nilai signifikansi 0.05 tersebut
menunjukkan bahwa cita rasa memiliki pengaruh signifikansi terhadap
kepuasan pelanggan.Hasil analisis regresi secara bersama – sama pengujian
pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel terkaitnya
dilakukan dengan menggunakan uji f. Hasil perhitungan statistik nilai f
hitung sebesar 53.387 dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. dengan
nilai signifikansi dibawah 0,05 menunjukkan bahwa kualitas dan cita rasa
secara bersama – sama pengaruh yang dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan.koefisien determinasi (R2) = 0,798 Menggambarkan besarnya
pengaruh variabel independen (kualitas dancita rasa) terhadap variabel
dependen (kepuasan pelanggan) sebesar 0,798 yang berarti besarnya
kontribusi pengaruh variabel independen sebesar 79,8,1% dan 20,2%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

Kualitas,Cita Rasa, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References

Anwar (2010 ) Bung Hatta dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kompas

Chika Ramadhani A.W(2018) “Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Pelayanan

terhadap Keputusan Pembelian,”. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Brawijaya. Vol. 4. No. 2. 2018.

Harkinpal, S. (2012). The Importance of Customer Satisfaction in Relation to

Customer Loyalty and Retention Journal. Kuala Lumpur: Asia Pacific

University College of Technology & Innovation Technology Park.

Hasan,Ali ( 2013), Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta

Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT

Gramedia. Pustaka.

Irawan, Handi. (2008). Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama:

PT. Gramedia

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kotler dan Keller (2016) Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT.

Indeks

......................... (2013) Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong (2012) Principles of. Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler (2009),Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.

Kusumaningrum, Fitria Dian (2019) Pengaruh Warna Cangkir Terhadap

Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018

Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba.

Empat: Jakarta.

Maimunah, Siti. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa

Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen.” Pengaruh

Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan

Konsumen Dan Loyalitas Konsumen 1(2):57–68

Melda, Eti Arini, And Ade Tiara Yulinda. (2020). “Pengaruh Keragaman Produk,

Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal

Enterpreneur Dan Manajemen Sains (Jems) 1(2):143–49.

Mowen dan minor (2002) Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Nopika Indrasari,( 2017) Pengaruh Cita Rasa, Nilai Gisi Dan Variasi Produk

Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada YES DELIVERY DI Plosokandang

Tulunagung Simki-Economic Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Supranto. (2012). Metode Riset, Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta

Saputra, V., Mulyati, A., & Andayani, S. (2015). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, Dan Higienitas Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Ice Cream Zangrandi Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(2).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.