Pengaruh Kesadaran Halal, Harga, dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Konsumen pada Hisana Fried Chicken Poso

Afaiqah Azzahra Yasid, Adolf O. S. Lubalu, Rahmansyah Ismail

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel Kesadaran Halal, Harga, dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hisana Fried Chicken Poso. Sampel terdiri dari 72 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan NonProbability Sampling. Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 29 digunakan untuk mengalisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menununjukan analisis data statistik. Hasil persamaan resfresi yaitu Y = 1.327 + 0,050X1 + 0,327X2 + 0,431X3 + e. Hasil Rsquare yaitu 0,355 atau 35,5%. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Kesadaran Halal, Harga, dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli dengan Fhitung sebesar 12.450 berpengaruh signifikan terhadap uji F, dimana nilai signifikan 0,001 < 0,05. Niali t hitung ditujukan pada uji hipotesis berikut, yang menunjukan bahwa variabel Kesadaran Halal tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai 0,723 > 0,05, sedangkan variabel Harga memiliki hasil yang signifikan dengan nilai 0,013 < 0,05, dan variabel Persepsi Kualitas memiliki hasil yang signifikan dengan nilai 0,015 < 0,05. Koefisien determinasi yang diperoleh R2 adalah sebesar 0,355. Hal ini berarti 35,5% minat beli ditentukan oleh Kesadaran Halal, Harga, dan Persepsi Kualitas, Sisanya 64,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords

Kesadaran Halal, Harga, Persepsi Kualitas, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References

Amalia Nofianti, K., & Nur Indah Rofiqoh, S. (2019). Kesadaran Dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli? (Studi Pada Praktisi Bisnis UMKM di Gresik) The Halal Awareness And Halal Labels: Do They Determine Purchase Intention? (Study On Sme’s Business Practitioners In Gresik). In Journal of Halal Product and Research.

Elian Tania, A., Lokasi dan Harga, P., Hemawan, H., & Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen.

Fauzi, R. U., Esmike, M., & Ardiningrum, A. R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Efektif : Jurnal Bisnis dan Ekonom, 14(1), 58-78.

Ferdinan. 2014. Metode Pendekatan Kuantitatif. Jurnal CV.Media Sains Indonesia, Bandung : www.penerbit.medsan.co.id

Fitri & Basri. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli, dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Tiban. Universitas Putera. Batam.

Fitria Sari, R., Marlius, D., & Tinggi Ilmu Ekonomi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang (Vol. 7).

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendradewi, S., Mustika, A., Darsiah, A., Tinggi, S., & Trisakti, P. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal Terhadap Minat Beli Mie Instan Korea Pada Remaja Sekolah di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2), 204–212. https://doi.org/10.30647/jip.v26i2

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35─43

Juliandi, A., dan Irfan. 2013. Metedologi Penelitian Kuantitatif. Medan: Citapustaka Media Perintis

Labalu & Alifiani. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Reputasi Perusahaan Terhadap Minat Beli Pada Produk Internet Indihome di Kota Poso. Universitas Sintuwu Maroso. Poso

Manten, N. E., Sulhaini, & Rinuastuti, B. H. (2021). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo. UrgentTrev : Unram Management Review, 1(1), 22-34

Marlina et al. (2022). Halal Awareness : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi.

Mutiara Puteri, N., & Anomsari, A. (2023). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Analisis Pengaruh Perceived Quality, Citra Brand, dan Country of Origin pada Minat Beli Skincare Lokal Somethinc terhadap Remaja di Semarang. JSMB, 10(2), 2023–2121. https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i2.22949

Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). 4(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v4i1

Putra Adriansyah, D. (2023). Simba Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 5 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Persepsi Nilai Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Vespa Matic Di Kota Madiun (Studi Pada Dealer Motor Vespa Matic di Kota Madiun).

Rolandy Kapuy, H. (2019). Pengaruh Harga Dan Nilai Fungsional Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Kota Poso. 19(1), 2019.

Santy & Atika. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Satria F150 di Kabupaten Karawang. Universitas Singaperbangsa. Karawang.

Sariyanti, Tulhusnah, L, & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Rifkhasira Di Situbondo (studi kasus mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Angkatan 2018). 1(9), 1765-1783.

Sukariyono, D., Program Studi Manajemen, M., & Kertanegara Malang, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Pelanggan PT. Nipsea Paint And Chemicals Cat Nippon Paint (Studi Kasus Pada Konsumen Nippon Paint Deppo Malang) (Vol. 5, Issue 2).

Supriyatna, W., & Rachmawan, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Peyek Kacang Diprodusen Peyek Berkah Bersaudara Bojong Sari,Depok,Jawa Barat. Jurnal Semarak, 4(2), 32–37.

Tsaniya, R., & Luh Wayan Sayang Telagawathi, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen di Kedai Kopi Nau Kecamatan Seririt. 5, 2022.

Ummah, A. C., Bahrudin, Moh., & Hilal, S. (2023). Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Pada Minat Beli Produk Makanan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1113–1119. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3215

Wijaya & Sanusi, (2021) Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea Di Kota Bandar Lampung. Universitas Teknokrat Indonesia. Lampung.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.