E-Service Quality dan E-Wom terhadap E-Loyalty dengan E-Trust sebagai Variabel Intervening

Fachrul Rozzy

Abstract

Penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel E-Service Quality dan E-WOM terhadap E-Loyalty dengan E-Trust sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee di Kabupaten Poso). Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan jumlah 80 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan Analisis Jalur (Path Analysis) dan Uji Sobel (Sobel Test) melalui Stactitical Program For Social Science (SPSS) versi 27. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan analisis data statistik. indikator penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedasitas dan berdistribusi normal. Hasil penelitian pada sub struktur 2 menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara E-Service Quality terhadap E-Trust, terdapat pengaruh langsung antara E-WOM terhadap E-Trust. Selanjutnya hasil penelitian pada sub struktur 2 menunjukan bahwa E-Service Quality tidak terdapat pengaruh langsung terhadap E-Loyalty, E-WOM tidak terdapat pengaruh langsung terhadap E-Loyalty dan E-Trust terdapat pengaruh langsung terhadap E-Loyalty. Selanjutnya hasil uji sobel menunjukan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung antara E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Trust dan terdapat pengaruh tidak langsung antara E-WOM terhadap E-Loyalty melalui E-Trust. Hasil Rsquare persamaan I yaitu 0,733 atau 73,3% dan Hasil Rsquare persamaan 2 yaitu 0,470 atau 47%.

Keywords

E-Service Quality, E-WOM, E-Trust, E-Loyalty

Full Text:

PDF

References

Alfiani, L., Lukitaningsih, A., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Security Terhadap Buying Decision Melalui Electronic Trust Sebagai Variabel Media. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 203–210. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.434

Ferdinan. 2014. Metode Pendekatan Kuantitatif. Jurnal CV.Media Sains Indonesia, Bandung : www.penerbit.medsan.co.id

Fitriana, I., Sugiono, A., Adistya, D., & Kunci, K. (n.d.). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-SATISFACTION (Survei pada Mahasiswa Pengguna OVO di FISIP Universitas Lampung) THE EFFECT OF E-SERVICE QUALITY AND E-TRUST ON E-SATISFACTION (Survey on OVO Users Students in FISIP University of Lampung). In Jurnal Kompetitif Bisnis (Vol. 1).

Firdha, S., Putri, A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen. FORUM EKONOMI, 23(3), 463–474. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Imam Ghozali. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25.

Jayaputra, R., Sesilya, D., Program, K., Management, B., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD (Vol. 10, Issue 1).

Nastiti, R., Prayunda, D., Ika, N., Wardani, K., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Analysis Of E-Trust And E-Wom On E-Loyalty For Tokopedia Users In Surabaya Analisis E-Trust Dan E-Wom Terhadap E-Loyalty Pada Pengguna Tokopedia Di Surabaya. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rolandy Kapuy, H. (2019). TRUSTWORTHINESS DAN REPUTASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. POS INDONESIA CABANG POSO. 19(2).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.