Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Harga sebagai Variabel Intervening

Gunawan Gunawan

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Word Of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Harga sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Kedai Uncle Poso Kota). Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probality Sampling dengan jumlah 108 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan path analysis dengan tingkat signifikansi 5%, dengan pengolahan data menggunakan Statistical Program For Social Science (SPSS) Versi 22. Hasi penelitian menunjukkan bahwa Word Of Mouth tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, harga, melalui harga (tidak memediasi). Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh positif terhadap harga, dan melalui harga (tidak memediasi). Serta Harga tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen

Keywords

Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Harga.

Full Text:

PDF

References

Arthawati, S. N. (2023). Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Gojek Melalui Citra Merek Dan Harga Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 1937–1950.

Ena, M. Y., Nyoko, A. E. L., & Ndoen, W. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299–310. https://doi.org/10.35508/jom.v10i3.1998

Ferdinan. 2014. Metode Pendekatan Kuantitatif. Jurnal CV.Media Sains Indonesia, Bandung : www.penerbit.medsan.co.id

Ena, M. Y., Nyoko, A. E. L., & Ndoen, W. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299–310. https://doi.org/10.35508/jom.v10i3.1998

Hidayat, A., & Ariffin, K. (2021). Pengaruh Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Caffe and Tea Sintesa Tanjung Tabalong. 6, 763–780.

Imam Ghozali. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25.

Ismail, R. (2020). Pengaruh Impllementasi Budaya Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kementrian agama. 20(1), 28–39.

Kapuy, H. R. (2019). Pengaruh Harga Dan Nilai Fungsional Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Kota Poso. Jurnal EKOMEN, 19(1), 15–19.

Lubalu, A. O. S. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Tempat terhadap Keputusan pembelian pada toko riko. Jurnal EKOMEN, 18(1), 41–57. https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/EkoMen/article/view/290/274

Maghfiroh, K. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 34–44. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i2.4075

Mustakim, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 5(1), 20–29. https://doi.org/10.21070/jbmp.v5i1.1893

Pratiwi, D., Lumbanraja, M. M. M., & Junaidi, R. (2023). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Restaurant Tradisional Pekanbaru. Journal of Business and Economics Research (JBE), 4(2), 194–206. https://doi.org/10.47065/jbe.v4i2.3650

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812.

Thawil, M. I. dan S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(01), 30–37. https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.