Pengaruh Kehandalan, Jaminan dan Kinerja Produk Aplikasi Brimo terhadap Kepuasan Nasabah

Sahra Widiawati, Ratno Ratno, Lefrand Mango

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Keandalan. Jaminan dan Kinerja Produk Aplikasi BRImo Terhadap Kepuasan Nasabah. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan kuesioner. Populasi dan sampel nasabah dari Aplikasi BRImo. Aplikasi BRImo dengan probality sampling dengan jumlah 65 nasabah. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian di peroleh Nilai R sebesar 0,825. Selain itu, nilai (Rsquare) sebesar 0,680 atau 68% variabel independent mampu mempengaruhi kepuasan nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 32% dipengaruhi variabel lain. nilai F sebesar 43.225 sedangkan nilai Ftabel 2,76 Dengan demikian dapat disimpulkan Fhitung lebih besar dari pada Ftabel dengan nilai signifikan F sebesar 0,000 <  0,05 data diatas menunjukkan bahwa Keandalan, Jaminan dan Kinerja produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan nasabah. Keandalan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai thitung sebesar 2.638 , dengan signifikan <  0,05 terhadap kepuasan nasabah. Jaminan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap thitung sebesar 2,326 dengan signifikan <  0,05 terhadap kepuasan nasabah. Kinerja produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai thitung sebesar 2,002 dengan signifikan <  0,05 terhadap kepuasan nasabah.

Keywords

Keandalan, Jaminan, Kinerja Produk, Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References

Arianda Chairunnisa, N. F. T. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Gaya Hidup Dan Persepsi Kemudahan Penggunaanterhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Gojek Di Kota Samarinda.

Billy, J. T. (2019). Pengaruh Bukti Langsung, Kehandalan, Jaminan, Daya Tanggap Dan Empati Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas.

Chitia Monica, D. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Nagari. Jurnal Pundi, 7(1), 53. Https://Doi.Org/10.31575/Jp.V7i1.465

Darma Putera, A., Dalle, J., Muhammad, D., & Syafari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Penabung Aktif Pt Bank Bukopin Cabang Banjarmasin. In Edisi Juli-Desember (Vol. 10, Issue 2).

Edi Kusnaedi. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas (Survey Nasabah Dana Pihak Ketiga Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk).

Fachrida Mahasani, E., Harsini Wahyuningsih, T., Tinggi Ilmu Manajemen Ykpn, S., & -Indonesia, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Goride Dan Grabbike Di Yogyakarta (Vol. 2, Issue 1). Https://Jogja.Tribunnews.Com

Febri, M., Fitri, S., & Fasa, M. I. (2024). Pt. Media Akademik Publisher. Jma), 2(11), 3031–5220. Https://Doi.Org/10.62281

Imelda, S., & Huwaida, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bri Kcp Kayu Tangi Banjarmasin. In Print) Jurnal Intekna (Vol. 19, Issue 2). Online. Http://Ejurnal.Poliban.Ac.Id/Index.Php/Intekna/Issue/Archive

Irene Rafinadora, S. D. C. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Pemasaran Relasional Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Dealer X Motor Yamaha Area Bogor. Mei 2021 Embiss, 1(3), 255–270. Https://Embiss.Com/Index.Php/Embiss:Https://Embiss.Com/Index.Php/Embiss/Index

Jeany, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bpr Artha Prima Perkasa.

Kasengkang, I., Moniharapon, S., & Mandagie, Y. (2023). The Effect Of Bri Mobile Product Quality And Service Quality (Brimo) On Customer Satisfaction Of Bri Tumpaan Units. In Jurnal Emba (Vol. 11, Issue 1).

Lubalu. (2023). Afiliasi: Pengaruh Kualitas Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kukis Bakar Tandobone.

Nadia, M., & Kapojos, P. M. (2021). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Pt. Astra International, Tbk─Daihatsu Sales Operation Cabang Malalayang. 1118 Jurnal Emba, 9(2), 1118–1128.

Putri Lismalia, C. N. B. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Brimo Terhadap Kepuasaan Nasabah Kcp Bri Cabang Tembung (Vol. 3).

Silfiena, E. (2020). Analisis Pengaruh Orientasi Pesaing, Diferensiasi Produk, Positioning Produk Terhadap Kinerja Produk Differentiation And Positioning On The Performance Of Tropicana Slim Low Calorie Sugar Products In Ambon City).

Susanti, D. N., & Riptiono, S. (2024). Menguji Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Callalily Wedding Organizer Serta Dampaknya Pada Wom Intention. Jurnal E-Bis, 8(2), 629–641. Https://Doi.Org/10.37339/E-Bis.V8i2.1714

Triyanti Listiani. (2022). Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Transaksi Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia (The Effect Of Transaction Security, Ease Of Transactions And Brand Image On Consumer Purchase Interest In Tokopedia E-Commerce).

Yosafat, I. F. (2024). Pengaruh Fitur Layanan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Aplikasi Brimo Di Bank Bri Unit Simpang V Mimika.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.