Strategi Pengembangan Usaha Air Minum Salumalino desa Bancea Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso

Irma Mbae, Windi Hastuti Karadja, Felisya Pombile

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha air minum “Salumalino” di desa bancea Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis matriks SWOT. Salah satu UMKM yang berada di desa Bancea yaitu CV.Anugerah Alam Mineral yang merupakan salah satu Perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan,penjualan,dan distribusi Air Minum Dalam kemasan (AMDK) dengan merek SALUMALINO. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu usaha yang bergerak di pembuatan, penjualan, dan distribusi Air Minum Dalam kemasan (AMDK) bermerek “Saluma lino”. Metode penentuan sampel adalah judgement sampling dengan pertimbangan bahwa responden yang dimaksud memiliki kapasitas dan kemampuan dalam merumuskan kebijakan usaha termasuk merumuskan strategi pengembangan usaha dan mengenal dinamika bisnin yang dijalankan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor – faktor internal dan eksternal melalui matriks IFE dan EFE. Setelah itu kita menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis faktor strategis usaha yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam kondisi saat ini.

Keywords

Strategi, Pengembangan, air minum

Full Text:

PDF

References

Adnan, Andi. 2021. “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Pitumpida Kecamatan Libureng Kabupaten Bone,” no. July: 19.

Dewi, Indry Kumala, Maria Yovita R.Pandin, and Ahmad Daeng GS. 2022. “Peningkatan Kinerja Umkm Melalui Pengelolaan Keuangan.” JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi 7 (01): 23–36. https://doi.org/10.30996/jea17.v7i01.6551.

Dr.Suwarni Hasibuan. 2020. Desain Sistem Manajemen Kinerja. Edited by Algi Fahri. Cetakan I. Malang: Ahli media Press.

Hendrawan, Henky. 2021. “Analisa SWOT Dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) Terhadap Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro – Bunda Culinary.” Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) 7 (2): 127–38. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.4505.

Kasus, Studi, Umkm Arabar, Kota Bandar, and Provinsi Lampung. 2020. “Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas :” 19 (3): 320–30.

M.M, Nurfitriani. 2022. Buku Ajar Manajemen Strategi. Edited by M.Pd Suryadi Ishak, S.Pd. Makassar.

Mashuri, Mashuri, and Dwi Nurjannah. 2020. “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing.” JPS (Jurnal Perbankan Syariah) 1 (1): 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205.

Mujito, S.E., M.M. 2023. Manajemen Strategi Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Pertama. Wawasan Ilmu.

Purwono, Joko, Sri Sugyaningsih, and Rara Putri, Tama. 2015. “Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Tempe Indonesia Di Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat.” Jurnal NeO-Bis 9 (1): 60–71.

Rangkuti, Fredi. 2015. SWOT ANALYSIS. 1st ed. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. 2008. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008,” no. 1.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.